Berita :: GLOBALPLANET.news

Walikota Palembang H Harnojoyo bersama Pimpinan Wilayah III Pegadaian Eka Pebriansyah, Rabu (9/1/2018). (Foto: Ist)

09 Januari 2019 16:13:44 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Sejumlah program wisata kota Palembang akan dikembangkan Pemerintah Kota Palembang melalui penyaluran dana Corporate Social Responsibilty (CSR) PT Pegadaian (Persero).

Objek wisata yang akan dikembangkan yakni, Kampung Air di Pulau Kemaro, pembangunan air mancur menari di Kambang Iwak, pengadaan perahu kajang wisata, hingga pengelolaan bungalow Pulau Kemaro.

"Kami mohon dukungan seluruh pihak khususnya BUMN dalam pengembangan pembangunan Kota Palembang. Tanpa peran serta bersama akan sulit bagi kita untuk mengoptimalisasi program pembangunan yang direncanakan pemerintah," ujar Walikota Palembang H Harnojoyo, Rabu (9/1/2019) saat audiensi jajaran Pimpinan Wilayah III PT Pegadaian (Persero) di Rumah Dinas Walikota Palembang.

Menurutnya, ada sejumlah program pemerintah yang bisa dijalin oleh pihak swasta melalui CSR nya. "Pemerintah Kota Palembang memiliki sejumlah tawaran untuk CSR, misalnya pembangunan air mancur menari dan pengembangan kampung air Pulau Kemaro," ujarnya.

Menanggapi hal ini Pimpinan Wilayah III PT Pegadaian (Persero) Eka Pebriansyah mengaku, pihaknya siap menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota Palembang. Program CSR yang telah direalisasikan adalah penataan kampung air Pulau Kemaro. Selain itu pihaknya juga sedang merealisasikan pengadaan tiga perahu kajang wisata.

Dijelaskannya, Pegadaian memiliki program CSR sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Beberapa hal yang sudah dilakukan Pegadaian di antaranya Pegadaian clean and gold, yaitu menampung sampah warga yang dihargai dalam bentuk tabungan emas.

"Warga membawa sampah ke Bank Sampah yang ditunjuk, kemudian sampah itu dihargai. Saat ini sudah dilakukan Pegadaian Talang Kelapa Alang Alang Lebar," ujarnya.

Reporter : Rachmad Kurniawan Editor : M.Rohali 124