Berita :: GLOBALPLANET.news

Penyerahan bantuan secara simbolis. (Foto: Ist)

10 Januari 2019 17:44:00 WIB

PALI, GLOBALPLANET - DPD KNPI Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) bersama beberapa Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) di Bumi Serepat Serasan, mengunjungi langsung korban Tsunami Selat Sunda di Kabupaten Lampung Selatan tepatnya di Desa Way Mulih dan Desa Jujur, Kecamatan Rajabasa pada Kamis (10/1/2019)

Selain melihat langsung korban Tsunami di Lampung Selatan, DPD KNPI Kabupaten PALI bersama perwakilan Gerakan Anak PALI Pecinta Alam (GAPPALA), perwakilan GANN PALI, dan beberapa OKP di Kabupaten PALI juga menyalurkan bantuan langsung ke warga korban Tsunami.

"Bantuan tersebut terkumpul atas aksi penggalangan dana yang dilakukan oleh Pemuda PALI Peduli yang merupakan himpunan dari KNPI PALI, GAPPALA, GANN, Gerakan Pemuda Pemudi PALI Peduli (GP4), Generasi Muda Wong Pendopo Sumsel (GMWP SS), OSIS, dan OKP se-kabupaten PALI," terang M. Anasrul Ketua DPD KNPI PALI, Kamis (10/1/2019)

Ia juga menjelaskan bahwa dari aksi penggalangan dana tersebut terkumpul dana sebesar Rp 15.017.500,00 dan beberapa karung dan puluhan kardus pakaian layak pakai.

"Dana tersebut akan kita salurkan ke dua lokasi, yakni untuk korban Tsunami yang berada di Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan serta Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten. Namun untuk di wilayah Pandeglang Banten kemungkinan akan kita kirim via transfetlr," tambah Anas didampingi Sekretairis DPD KNPI PALI Beni Stiawan, ST.

Diceritakan Anas, sesampai di Kabupaten Lampung Selatan, DPD KNPI kabupaten PALI disambut hangat Oleh Ketua DPD KNPI Lampung Selatan Firmansyah, dan langsung menuju lokasi poskoh korban Tsunami.

Hari Rabu sore lanjut Anas, dirinya beserta anggota berangkat dari kabupaten PALI menuju Kabupaten Lampung Selatan. Sampai di posko korban tsunami wilayah kalianda Anggota DPD KNPI PALI mengobrol dan langsung mendengar cerita dan keluhan dari korban.

"Saat ini masih ada korban yang masih dirawat di rumah sakit dan sebagian masih di posko pengungsian karena belum ada tempat tinggal yang baru. Apalagi ada warga yang masih trauma ketika melihat Laut. Kita berharap baik di Lampung maupun di Banten korban Tsunami segera pulih dan bangkit dari bencana yang sudah melanda, dan bagi korban yang meninggal semoga diampuni dosanya dan diterima disisinya," bebernya

Usai mendengarkan keluhan, Anas menyerahkan bantuan kepada mereka. Bantuan yang disalurkan Anas kepada para korban tsunami diposko pengungsian tersebut Berupa Uang dan Pakaian Layak Pakai dan untuk wilayah banten dikirim melalui tranfer, ungkap anas

Kemudian Anas mengajak semua elemen pemuda dan masyarakat Indonesia untuk ikut membantu para korban tsunami, baik yang berada di Banten maupun yang berada di Lampung Selatan.

"Karena mereka tengah kesusahan. Makanya kami mengajak seluruh elemen membantu mereka para korban tsunami ini, dan terimakasih kepada selurih masyarakat kabupaten PALI yang telah menyisihkan sebagian harta mereka," pungkasnya.

Sementara itu Jay Husin, koordinator Posko Bersama di LKM Mandira Kecamatan Rajabasa mengucapkan terimakasih kepada Pemuda PALI yang telah ikut merasakan serta berbagi kepada korban Tsunami di Lampung Selatan.

Dijelaskannya pula, bahwa kondisi saat ini para korban sudah mulai membaik, kendati masih banyak warga yang masih dirawat di RS serta ada pula warga yang masih trauma.

"Yang paling parah yakni di pesisir pantai kecamatan Rajabasa. Namun, kondisinya sudah mulai membaik karena tim psikologi dan dinas terkait sudah masuk memberikan support pengobatan medis. Tercatat untuk di Rajabasa 90 orang yang meninggal serta masih ada enam orang yang masih belum diketemukan," jelasnya.

Reporter : Eko Jurianto Editor : M.Rohali 330