Berita :: GLOBALPLANET.news

Rumah kakek Tasir saat dibongkar untuk dilakukan perbaikan agar lebih layak kembali untuk ditinggali. (Foto: Ist)

11 Januari 2019 13:12:56 WIB

MUBA, GLOBALPLANET - Semangat gotong royong warga Kecamatan Plakat Tinggi, Kabupaten Musi Banyuasin patut diacungi jempol. Sebab, warga bersama TNI dan Polri berbondong-bondong hadir untuk melakukan bedah rumah kakek Tasir (70) di Desa Cinta Karya, Kecamatan Plakat Tinggi.

"Hari ini kita mulai bedah rumahnya, tadi pagi sudah dikerjakan, rumahnya sudah dibongkar, kita targetkan lima hari selesai diperbaiki," ujar Camat Plakat Tinggi, Alpan Husin, Jumat (11/1/2019).

Sebelum dilakukan perbaikan, sambung dia, warga bersama unsur Pemerintahan Kecamatan, Pemerintahan Desa, TNI, dan Polri terlebih dahulu urunan (patungan) untuk membeli bahan-bahan atau material yang digunakan dalam perbaikan rumah.

"Seluruh material sudah datang, baik itu semen, pasir, maupun batu. Tadi juga dilakukan penebangan pohon. Kita bagi-bagi tugas. Malam ini kita juga lakukan rapat untuk pembagian tugas siapa yang bertukang, diatur setiap hari, semuanya gotong royong," kata dia.

Aksi ini, kata Alpan, merupakan reaksi cepat yang dilakukan pihaknya setelah terlebih dahulu mendapatkan laporan dari warga. Serta bagian dari memupuk rasa gotong royong dan saling peduli antar warga.

"Kita rubah mindset yang ada, dengan sering bergototong royong. Kita juga mempatkan informan diseluruh desa, jadi jika ada warga yang mengalami kesulitan atau musibah langsung dapat ditangani," tandas dia.

Kakek Tasir sendiri bersama istrinya Ipah (68) yang saat ini menderita sakit dan tidak dapat melihat lagi telah puluhan tahun tinggal dirumah yang masuk dalam kategori tidak layak huni. Sedangkan sang anak satu-satunya yakni Surip (35) saat ini mengalami keterbelakangan mental.

Reporter : Amarullah Diansyah Editor : M.Rohali 118