Berita :: GLOBALPLANET.news

Warga Tanah Mas Kecamatan Talang Kelapa melakukan aksi protes kerusakan jalan, Jumat (11/1/2019). (Foto: Adi Irawan)

11 Januari 2019 19:58:00 WIB

BANYUASIN, GLOBALPLANET - Kerusakan jalan Tanah Mas, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin yang disebabkan aktivitas kendaraan angkutan berat milik PT Sumber Beton Pelangi (SBP) berbuntut aksi protes warga setempat.

Ratusan massa yang mengatasnamakan Forum Komunikasi Warga Tanah Mas Bersatu (FKWTMB) melakukan demo di PT Sumber Beton Pelangi (SBP) dengan pengawalan ketat dari anggota Polsek Talang Kelapa dan TNI.

Mereka menuntut PT SBP untuk segera melakukan perbaikan jalan tanah yang merupakan jalur alternatif itu. “Tuntutan kami yaitu minta kepada PT SBP bertanggungjawab untuk melakukan perbaikan jalan yang rusak,” kata Andreas warga Kelurahan Tanah Mas, Kecamatan Talang Kelapa, Jumat (11/1/2019).

Sejak beroperasinya PT SBP itu, jalan alternatif tersebut menjadi rusak parah. “Dulunya bagus dan mulus, tapi sekarang rusak sangat parah. Ini setelah kendaraan operasional PT SBP yang melintasi jalan itu, dibatas ambang standar jalan alias overkapasitas hingga 30 – 40 ton,” terang dia.

Warga meminta kepada PT BSP agar dapat melakukan perbaikan segera.”Hanya itu tuntutan warga,” tegasnya. Jika sampai tidak dipenuhi, maka warga yang berasal dari 12 RT dan 2 RW, akan melakukan aksi lanjutan. “Bahkan massa yang datang akan lebih banyak,” tutur dia.

Ahmad Syukri ketua RT 38 mengatakan, kalau tiga tahun yang lalu, jalan ini bagus dan mulus. Tapi sekarang rusak dan berdebu, sehingga menganggu aktivitas warga sekitar. “Kami ingin seperti dulu lagi,” harap dia.

Usai sampaikan aspirasi secara damai, perwakilan warga diterima oleh perwakilan PT SBP yaitu Hafiz. “Kita tidak diam diri dan cuek, tapi akan kita tindaklanjuti,” pungkas dia.

Reporter : Adi Irawan Editor : M.Rohali 380