Berita :: GLOBALPLANET.news

Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin beserta istri saat berfoto bersama pasukan orange dalam acara arak-arakan Piala Adipura ke XII Kabupaten Muba. (Foto: Ist)

18 Januari 2019 14:36:13 WIB

MUBA, GLOBALPLANET - Piala Adipura yang sebelumnya sempat lepas dari raihan Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), kini berhasil diraih kembali. Piala Adipura dengan kategori Kota Kecil Terbersih se-Indonesia ini merupakan raihan ke XII yang berhasil dicapai.

"Ini peraihan Adipura tersulit dan terberat, penghargaan Adipura kali ini seleksinya sangat ketat, Alhamdulillah Muba lulus dalam penilaian," ujar Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin, usai arak-arakan Piala Adipura, Jumat (18/1/2018).

Raihan ini, sambung Dodi, tidak terlepas dari peranan penting petugas kebersihan yang telah berjuang dengan gigih menjaga kebersihan. Dimana capaian ini kedepannya harus ditingkatkan kembali, sehingga Piala Adipura dapat dipertahankan kembali.

"Terima kasih saya ucapkan kepada warga Muba khususnya petugas kebersihan yang ada di Muba. Tentu ini tidak bisa dipisahkan dari dukungan warga Muba dan khususnya petugas kebersihan yang tak kenal lelah siang dan malam menjaga kebersihan di Bumi Serasan Sekate ini," jelas dia.

Agar raihan ini mengalami peningkatan, kedepan sambung Dodi, pihaknya bersama DPRD Muba berencana menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) tentang pembatasan penggunaan plastik untuk menekan angka atau volume sampah plastik serta mengalokasikan dana untuk insentif tambahan bagi petugas kebersihan di Muba.

"Perda itu nantinya diharapkan dapat efektif dan maksimal menekan angka volume penggunaan sampah plastik, dan dari sisi kesejahteraan petugas kebersihan akan ditambah insentifnya karena merekalah garda terdepan untuk menjaga lingkungan," jelas dia.

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Muba, Andi Wijaya Busro, menuturkan, penghargaan tersebut sebagai lambang Keberhasilan Pemkab Muba dalam menciptakan kota yang bersih, nyaman dan asri.

"Serta pembangunan berkelanjutan dan adanya kerjasama serta peran aktif masyarakat sehingga penghargaan tersebut kembali diterima," tandas dia.

Arak-arakan Piala Adipura sendiri diikuti ratusan petugas kebersihan atau yang akrab dikenal pasukan orange di Muba. Bukan hanya itu saja, masyarakat umum serta unsur pimpinan FKPD pun turut serta keliling kota Sekayu untuk mengarak Piala Adipura.

Reporter : Amarullah Diansyah Editor : M.Rohali 315