Berita :: GLOBALPLANET.news

Gubernur Sumsel Herman Deru menggagas taman safari Sumsel dengan lokasi di Pagaralam. (Foto: Ist)

22 Januari 2019 10:26:03 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET.news - Kota Pagaralam yang berada di kaki Gunung Api Dempo (GAD) kembali diperbincangkan, dengan keluarnya gagasan pembuatan taman safari. Gubernur Sumsel Herman Deru yang menginisiasi hal ini.

Tujuannya adalah untuk mengedukasi masyarakat agar mencintai alam serta mempertahankan habitat satwa. "Kita Provinsi Sumsel ini masih cukup banyak satwa-satwa diantaranya Harimau, Gajah, dan Orang Hutan. Itulah harapan Saya kita tidak ingin cinta lingkungan, mempertahankan habitat satwa tertentu, menanggulangi karhutlah hanya sekedar proses-proses ritual saja, tentunya harus komitmen dan didukung oleh semua pihak dan sektor," katanya pertemuan dengan Yayaaan Belantara, Senin (21/1/2019).

Kota Pagaralam dipilih karena merupakan salah satu daerah yang masih memiliki hutan dan keanekaragaman hayati. "Mengenai cinta lingkungan, mempertahankan kelestarian alam dan sungai kitakan harus memiliki contoh seperti taman safari, yang akan mengedukasi anak cucu kita agar cinta terhadap satwa dan lingkungan, jangan sampai nanti berapa dekade yang akan datang di generasi mereka sudah tidak mengetahui jenis-jenis hewan saat ini karena sudah punah," jelasnya.

Tak hanya menggagas pembangunan taman safari, Deru mengajak Yayasan Belantara untuk kerjasama terkait pengolahan air bersih khususnya untuk masyarakat yang berada di daerah-daerah perairan air payau. 

Terlebih, aktifitas di Pulau Maspari yang selama ini digagas untuk menjadi pulau yang menghasilkan seperti udang, ikan, dan hewan lainnya dapat segera beroperasi.

"Target saya di ujung tahun 2019 Pulau Maspari sudah menghasilkan benih-benih baik itu ikan maupun udang, Saya yakin kalau Yayasan Belantara ini akan dapat bersinergi untuk mengawal itu," bebernya.

Reporter : Adi Kurniawan Editor : Zul Mulkan 219