Berita :: GLOBALPLANET.news

(Foto ilustrasi: Ist).

23 Januari 2019 10:17:00 WIB

EMPAT LAWANG, GLOBALPLANET.news - Pemerintah Kabupaten Empat Lawang segera merekrut tenaga guru sukarela (TGSR) untuk menutupi kekurangan guru di tingkat SD dan SMP dalam jangka pendek.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Empat Lawang Rita Purwaningsih melalui Kabid Pembinaan Pendidik dan Tenaga Pendidik (PTK), Arbanu mengatakan, "Iya, dalam minggu - minggu ini akan segera kita umumkan ke masyarakat mengenai program TGSR , tapi mengenai syaratnya itu belum bisa dipublikasi karena belum mendapat persetujuan kepala dinas," ujarnya, Rabu (23/1/2019).

Perekrutan tersebut ialah upaya pemerintah untuk pemenuhan tenaga pengajar baik Guru Sekolah Dasar  maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP) se Kabupaten Empat Lawang yang masih sangat kurang

"Jumlah SD se Kabupaten Empat Lawang yang terdaftar ada 184 sekolah 10 diantaranya swasta, dan kurang 796 guru dari yang dibutuhkan 1919 orang guru  Sedangkan SMP se Kabupaten 38 sekolah, 4 diantaranya swasta juga mengalami kekurangan tenaga pengajar sebanyak 464 dari idealnya 761 guru. Jadi total  kekurangan guru untuk SD dan SMP saat ini sekitar 1.200an guru, namun ini belum dikurangi jatah CPNSD kemarin," juga.

Mengenai gaji lanjut Arbanu, nantinya akan sepenuhnya di bebankan ke dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah  (APBD) Kabupaten Empat Lawang. "Nanti gaji para TGSR akan dibayar melalui APBD Kabupaten Empat Lawang," sebutnya.

Reporter : Rody Hartono Editor : Zul Mulkan 215