Berita :: GLOBALPLANET.news

Suasana kegiatan Bimtek Relawan Demokrasi Pemilu Serentak Tahun 2019 di Asrama Haji, Kamis (31/1/2019). (Foto: Adi Irawan)

31 Januari 2019 11:11:00 WIB

BANYUASIN, GLOBALPLANET - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Banyuasin, menggelar Bimbingan Teknis Relawan Demokrasi (Relasi) di Asrama Haji Palembang. Kegiatan tersebut di buka langsung oleh Ketua KPUD Banyuasin, Agus Suprianto, S.Si, Kamis (31/1/2019).

Ketua KPU Banyuasin Agus Suprianto S.Si dalam sambutannya mengatakan, relawan demokrasi merupakan gerakan sosial untuk meningkatkan partisipasi pemilih di bumi Sedulang Setudung. Banyuasin memiliki 21 kecamatan

"Banyuasin memiliki suara terbanyak setelah Palembang, dengan geografis yang sulit yaitu daratan dan perairan," kata dia.

Relawan merupakan perpanjangan tangan KPU Banyuasin, yang bergerak dari 11 basis yang telah ditentukan. "Ajaklah untuk memilih bukan memilih calon, sebab relasi harus netral," tegas dia.

Untuk materi yang disampaikan tentang, Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih, Pedoman kegiatan relawan demokrasi dan kode etik relawan demokrasi. 

"Kami harap ilmu yang didapatkan nanti dapat bisa diterapkan dalam melakukan sosialisasi ke berbagai penjuru. Kami berkeyakinan Relasi bisa bekerja sesuai tugas dan fungsinya, untuk menyukseskan pemilu tahun 2019," tegas dia. 

Relasi mesti membuat program kerja, dan diajukan ke KPU Banyuasin untuk melakukan sosialisasi ke tempat sasaran. "Selamat terpilih menjadi relasi, selamat bertugas," terang dia. 

Sementarai itu, Epriansyah salah satu relasi mengatakan, dia sangat senang bisa bergabung di KPU Banyuasin. Sebab bisa mensosialisasikan atau mengajak masyarakat serta anak muda agar tidak golput. "Suara kita menentukan nasib bangsa ini," ungkap dia.

Selain itu, menjadi relasi ini bisa menambah pengalaman dan teman-teman se Kabupaten Banyuasin. "Mudah-mudahan dengan adanya relasi ini angka golput di Banyuasin bisa menurun dan Pemilu semakin sukses," pungkas dia. 

 

Reporter : Adi Irawan Editor : M.Rohali 696