Berita :: GLOBALPLANET.news

Bupati OI H M Ilyas Panji Alam saat mencopot jabatan lurah timbangan Abu Bakar. (Foto: Ist)

31 Januari 2019 19:06:46 WIB

OI, GLOBALPLANET - Setelah videonya viral karena meminta uang Rp 50 ribu kepada warga yang hendak membuat izin usaha, Oknum lurah Timbangan Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir (OI) Abu Bakar, langsung di copot oleh Bupati OI.

Jabatan Lurah timbangan yang ditinggalkan Abu Bakar digantikan oleh Ickhwani S.Pd,MSi yang sebelumnya menjabat Kacabdin UPTD Pendidikan Kecamatan Indaralaya Utara. AB yang sudah dicopot kemudian disposisi jabatan sebagai penata pelaksanaan Kesbangpol Linmas.

Pengangkatan dan Pemberhentian jabatan lurah ini dipimpin langsung oleh Bupati OI H M Ilyas Panji Alam dan diselenggarakan di ruang Rapat Bupati Komplek Perkantoran Terpadu Tanjung Senai Indralaya, Kamis siang (31/01/2019).

Bupati OI Ilyas Panji Alam menyayangkan akan terjadinya peristiwa pungli tersebut meskipun nilainya tergolong kecil namun hal tersebut dilarang dalam Hukum. “Sekecil apapun nilainya apabila meminta atas nama jabatan bertentangan dengan perundang-undangan,” tegasnya dihadapan para tamu undangan.

Orang nomor satu di Bumi caram Seguguk ini mengajak seluruh ASN menjadikan peristiwa ini pelajaran bagi ASN lainnya. “Jadikan ini pelajaran dan jangan sampai terjadi lagi. Karena kita sudah digaji oleh negara. Masih untung uangnya belum diterima. Kalau sudah diterima itu sudah masuk ke ranah gratifikasi," imbuh dia.

Sebelumnya, oknum Lurah Timbangan yang berinisial AB itu membenarkan dirinya yang berada dalam video itu.

Dirinya mengaku akan bertanggung jawab terkait video-video yang menyebutnya telah melakukan tindakan dugaan pungli.

"Saya bertanggung jawab atas video itu. Akan tetapi terkait mengenai permasalahan saya dengan warga yang bersangkutan saya anggap semuanya telah selesai dan tidak ada masalah," ujarnya singkat.

Reporter : Eko Saputra Editor : M.Rohali 1103