Berita :: GLOBALPLANET.news

Calon Kades Sukaraja Tuha dan panitia usai menghadap Gubernur Sumsel menyampaikan permasalahan yang terjadi (Foto: Ist)

03 Februari 2019 10:57:00 WIB

OKUT, GLOBALPLANET - Dua Calon Kepala Desa (Cakades) Sukaraja Tuha Kecamatan Martapura, Kabupaten OKU Timur pada Jumat (01/02/2019) malam menghadap Gubernur Sumsel H Herman Deru SH, MM untuk meminta pengarahan dan bimbingan, terkait sengketa pilkades di Desa tersebut.

Calon kades nomor urut 1 Lukman dan calon nomor 3 Sudirman, sengaja menghadap gubernur, tujuannya tidak lain untuk meminta bimbingan dan pengarahan. Saat itu juga ada ketua Ketua Panitia Darman, tetapi panitia saat itu hanya menemani calon. Sementara Gubernur hanya melakukan pertemuan dengan kedua calon sedangkan panitia hanya menunggu di luar.

Hingga kini panitia belum menetapkan siapa pemenang Pilkades Sukaraja Tuha karena masih ada permasalahan maupun sengketa yang masih diproses. Demikian jadwal pelantikan juga belum ditetapkan.

“Panitia sudah menerima laporan dugaan kecurangan dan ada beberapa warga yang mengaku menerima uang dari salah satu kandidat,” ujar Darman.

Terkait sengketa itu, saat ini ada surat resmi dari panitia yang menggunakan Kop Pemerintah Desa Sukaraja Tuha, Kecamatan Buay Madang, No:140/081/2036/2019 atas jawaban surat dari Kandidat calon Kepala Desa Sukaraja Tuha yang ditujukan kepada Camat Buay Madang tertanggal 25 Januari 2019.

Surat itu selain ditandatangani oleh seluruh panitia juga ditandatangani Ketua Panitia Darman, Ketua BPBD Priyadi dan Kades Sukaraja Tuha Solmawati.

Isi surat itu, ‘sementara menunggu hasil keputusan, maka kami dari panitia belum memutuskan dan menetapkan pemenang dari hasil pemungutan suara pada Kamis 24 Januari 2019, belum disahkan/ditandatangani panitia dan saksi serta kandidat calon’.

"Yang menghadap dan berdialog langsung dengan pak gubernur hanya calon nomor urut 1 dan 3 kami panitia hanya menemani saja," terang Darman.

Untuk diketahui, bahwa pelaksanaan Pilkades serentak di Desa Sukaraja Tuha diikuti empat kandidat. Calon nomor 1 Lukman, nomor 2 Wasir, nomor 3 Sudirman, dan nomor 4 Alpian yang memenangkan Pilkades.

Salah satu Calon Kades Sukaraja Tuha Lukman, menambahkan memang sengaja menghadap Gubernur Sumsel menyampaikan permasalahan proses Pilkades Sukaraja Tuha dan meminta bantuan penyelesaian sengketa Pilkades. Hingga sekarang belum ada keputusan pemenang karena sengketa yang terjadi karena harus diselesaikan terlebih dahulu.

"Benar kami menghadap pak gubernur kita menyampaikan permasalahan yang terjadi saat Pemilihan kepala desa di tempat kita,"ujarnya.

Sebelumnya Kabag Tapem Setda OKU Timur Yuli Akman saat menerima perwakilan warga dan calon Kades menambahkan tetap akan menerima keluhan dari masyarakat. Setiap laporan akan dipelajari jika memang terbukti ada pelanggaran akan ditindaklanjuti.

"Perolehan suara yang dilaporkan kekita itu sipatnya perolehan sementara," tegasnya.

Reporter : Dadang Dinata Editor : M.Rohali 2345