Berita :: GLOBALPLANET.news

Sungai Tuan Putri Palembang usai gotong royong, Minggu (3/2/2019). (Foto: Rachmad Kurniawan)

03 Februari 2019 12:40:43 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Walikota Palembang H Harnojoyo berencana akan menurunkan alat berat untuk membersihkan Sungai Tuan Putri Palembang. Hal ini diungkapkannya setelah meninjau keadaan sekaligus menggelar gotong royong rutin di Sungai Putri di Jalan KH Azhari, Kecamatan Seberang Ulu I, Kelurahan 3-4 Ulu, Minggu (3/2/2019).

"Ada salah satu tokoh masyarakat yang menceritakan jika air sedang naik ditambah hujan itu tumpukkan tumbuhan liar dan sampah bisa melebihi tinggi jembatan endapannya tanah di sungai pun nampak cukup tebal. Sekarang sudah dibersihkan, walaupun belum sepenuhnya, untuk memberishkan secara tuntas tak bisa dilakukan secara manual maka itu harus menggunakan bantuan alat berat," tutur Harno didampingi Camat Seberang Ulu I Novran Hansyah.

Akses yang sulit dan masih ada bangunan milik warga, sehingga masuknya alat berat jenis amphibi tersebut akan dilakukan setelah adanya persetujuan warga. Harno pula mengapresiasi keaktifan pemuda sekitar karena ikut terjun langsung kegiatan gotong royong.

"Setelah warga kompak dan sepakat untuk dibongkar sedikit bangunannya kita masukkan alat berat. Yang terpenting bagi kita sungai bersih, warga juga tak merasa terbebani," ujar Harno.

Sementara Camat Seberang Ulu I Novran Hansyah Menambahkan, bangunan berupa Dapur dan kamar mandi milik warganya akan dibongkar setelah persetujuan dengan perantara RT setempat.

"Kita akan minta ketua RT 02 dan RT 06 untuk mensosialisasikan kepada warganya. Pak Wali menyampaikan kapan alat berat siap sekarang hanya menunggu persetujuan warga. Alat berat bantuan dari dinas PUPR akan melewati Sungai Musi untuk sampai kesini karena akses jalan darat cukup sempit," bebernya

Reporter : Rachmad Kurniawan Editor : M.Rohali 192