Berita :: GLOBALPLANET.news

Ketua KPU Muba, Maryadi Mustafa. (Foto: Ist)

04 Februari 2019 10:15:16 WIB

MUBA, GLOBALPLANET - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muba menargetkan angka partisipasi pada Pemilihan Umum (Pemilu) April mendatang mencapai 80% atau melihi partisipasi Prmilu 2014 lalu yang hanya sebesar 70%.

"Kita targetkan capai 80% atau melebihi capaian sebelumnya," ujar Ketua KPU Muba, Maryadi Mustafa, Senin (4/2/2019).

Target tersebut, kata Maryadi, dinilai sangat realistis, mengingat saat ini pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar menggunakan hak pilih saat Pemilu nanti. Dimana masyarakat akan memilih Presiden, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten, dan DPD.

"Sosialisasi terus, diantaranya dengan merekrut 55 orang Relawan Demokrasi sesuai dengan Surat KPU RI. Relawan Demokrasi ini menjadi mitra kita dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih. Diharapkan peranan Relawan Demokrasi mampu mendorong tumbuhnya kesadaran dan tanggung jawab masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya," jelas Maryadi.

Disinggung jumlah mata pilih, Maryadi menuturkan, Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Muba sebanyak 449.854, dengan 1.874 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Dimana jumlah pemilih dapat bertambah, lantaran Daftar Pemilih Khusus (DPK) belum masuk yakni penduduk yang memiliki KTP namun tidak terdaftar.

"Saat ini kita sedang lakukan packing logistik Pemilu, mulai dari bilik, kotak suara, sampul, tinta dan lainnya. Memang masih ada yang kurang untuk logistik ini, tapi kita sudah laporkan ke KPU Sumsel, sekarang kita tunggu saja penambahannya," tandas dia.

Reporter : Amarullah Diansyah Editor : M.Rohali 70