Berita :: GLOBALPLANET.news

Pembina Alex Noerdin Cup, Alex Noerdin (mengenakan jas) saat pertemuan dengan awak media di Hotel Emilia Palembang, Rabu (6/2/2019). (Foto: Adi Kurniawan)

06 Februari 2019 15:40:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET.news - Event Alex Noerdin Cup terus bergulir mencari anak-anak terpilih dalam sepakbola di 17 kabupaten dan kota di Sumsel. Sebanyak 50 anak akan dipilih untuk berkesempatan bertemu legenda sepakbola dunia Ronaldinho dan selanjutkan menjadi angkatan pertama AN football academy.

Karena itu, UN Cup dan UN Football Academy diyakini menjawab kebutuhan Indonesia akan pembinaan sepakbola sejak dini secara konsisten.

Pembina Alex Noerdin Cup, Alex Noerdin mengatakan, event yang pertama kali dilakukan di Sumsel ini sudah berjalan lebih dari sebulan lalu, sudah meyambangi sebanyak 7 kabupaten/kota yakni, Muaraenim, Lahat, Empat Lawang, Pagaralam, Lubuklinggau, Musi Rawas (Mura), Musi Rawas Utara (Muratara).

"Kegiatan olahraga itu sebenarnya harus konsiten, oleh sebab itu saya melanjutkan konsistensi dengan menggelar Alex Noerdin Cup. Kita akan berkeliling ke 17 kabupaten/kota mencari anak-anak dari sekolah sepak bola (SSB) yang ada di daerah, sebanyak 50 anak dan akhirnya nanti akhir Maret akan dilatih langsung oleh legenda sepakbola asal Brazil Ronaldinho," katanya, saat ditemui awak media di Hotel Emilia Palembang, Rabu (6/2/2019).

Setelah meyelesaikan etafe pertama di 7 kabupaten/kota di Sumsel, banyak sekali yang bisa didiambil pelajaran. Dengan adanya AN cup diketahui ada kabupaten yang tidak memiliki lapangan akhirnya memiliki lapangan, banyak sekali muncul SSB baru. Terutama anak-anak usia 12 dan 14, mampu menunjukan skillnya untuk menjadi pemain terbaik sehingga akan dilatih langsung Ronaldinho.

"Saya menggekar AN Cup ini sebenarnya, di samping merupakan konsistensi juga berangkat dari rasa prihatin kita semua terhadap prestasi sepakbola Indonesia maupun Sumsel, karena tidak ada pembinaan terarah, dan berprestasi," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Alex Noerdin Cup 2019 Eddy Sofyan mengatakan, sejak awal Januari rombongan Timnas All Star mulai melakukan tour Sumsel, untuk melakukan seleksi kepada anak-anak yang nantinya dipilih untuk dilatih langsung oleh Ronaldinho.

“Kita sudah mendatangi 7 kabupaten/kota di Sumsel, melakukan 12 kali pertandingan dan memberikan pelatihan kepada anak-anak sebanyak 1600. Dari semua anak-anak itu sudah terpilih 20 anak,” katanya.

Dia mengharapkan anak-anak usia dini terbaik dari seluruh kabupaten/kota yang ada di Sumsel, pihaknya ingin mengajak para pejabat daerah untuk berlomba-lomba membina anak usia dini, karena dengan adanya mereka wadah pastinya akan memberikan semangat para anak muda untuk berlatih dan berlatih. "Masih ada 10 kabupaten/kota lagi yang akan kita kunjungi untuk mencari 30 anak lagi yang nantinya akan dibawa ke Jakabaring," pungkasnya.

Reporter : Adi Kurniawan Editor : Zul Mulkan 63