Berita :: GLOBALPLANET.news

Ketua KPUD PALI Fikri Ardiansyah (tengah) berserta stafnya mencoba ketahanan kotak suara, Rabu (6/2/2019). (Foto: Eko Jurianto)

06 Februari 2019 18:54:58 WIB

PALI, GLOBALPLANET.news - Sebanyak 3100 kotak surat suara mulai dirakit Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Sumsel. Delapan staf merakit kotak suara di gudang yang berlokasi di samping Mapolsek Talang Ubi.

Ketua KPUD PALI Fikri Ardiansyah mengatakan proses perakitan kotak surat suara diawasi pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan kepolisian. "Kurang lebih sekitar 3100 kotak suara telah dirakit. Perakitan kotak suara dilakukan di Gudang KPUD PALI di samping Mapolsek Talang Ubi. Delapan orang staf ditugaskan untuk merakitnya," ungkap Fikri, Rabu (6/2/2019).

Mantan Ketua Majelis Pemuda Indonesia (MPI) Kabupaten PALI juga menerangkan bahwa kertas surat suara tersebut sudah teruji ketahanannya. "Kekuatan dan ketahanan kotak suara yang terbuat dari karton Duplex kedap air itu sudah saya buktikan sendiri dengan naik dan duduk di atas kotak suara yang sudah dirakit. Hasilnya, kotak suara tersebut bisa menahan berat badan saya yang mencapai 70 kg lebih," jelasnya.

Ia juga mengatakan bahwa pihaknya tidak terlalu tergesa-gesa untuk menyelesaikan perakitan 3100 kotak surat suara itu. "Yang penting, kotak suara dirakit dengan hati-hati dan sempurna, karena sampai sejauh ini kita belum mendapat arahan dari KPU Sumsel sampai kapan batas waktu perakitan kotak suaranya. Untuk logistik rencananya akan datang pada Minggu kedua di bulan Maret," tutupnya.

Reporter : Eko Jurianto Editor : Zul Mulkan 278