Berita :: GLOBALPLANET.news

Ilustrasi. (Foto:Ist)

07 Februari 2019 07:10:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET.news - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan Djalil mengatakan, bagi masyarakat yang merasa kena pungli saat mendapatkan sertifikat tanah dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) harap melapor.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan membentuk tim investigasi untuk mendalami dugaan pungli pembagian sertifikat tanah yang dilakukan presiden Joko Widodo.

"Kita akan melakukan investigasi di mana sumber pungli tersebut. Nanti Pak Irjen akan membentuk tim," kata Sofyan seperti dikutip dari Viva.co.id, Kamis (07/02/2019).

Sofyan mengaku, akan membuat membentuk tim saber pungli internal untuk menggali informasi lebih lanjut mengenai kasus ini.

“Tak ada sepersen pun yang diminta oleh jajaran BPN dalam program PTSL ini. Namun untuk di tingkat desa hingga RT-RW, ia tidak menyangkal ada biaya yang memang diperlukan sebesar Rp150 ribu,” terangnya.

Dijlaskannya, biaya Rp150 ribu tersebut merpakan biaya pra sertifikat untuk pembelian materai, patok dan berbagai pekerjaan yang dilakukan di tingkat dinas sebelum ke BPN," ucap Sofyan.

Kendati demikian, Sofyan berharap masyarakat proaktif dalam menangani kasus ini dengan berani melaporkan pada penegak hukum.

Reporter : Globalplanet Editor : Karerek 274