Berita :: GLOBALPLANET.news

Unsur Fokopimcam Sungai Keruh bersama KPU Muba dan Panwascam Sungai Keruh saat berfoto bersama usai melakukan sosialisasi dan Verifikasi Penyelenggara Pemilu dan Rekrurmen KPPS, Kamis (7/2/2019). (Foto: Amarullah Diansyah).

07 Februari 2019 13:09:00 WIB

MUBA, GLOBALPLANET.news - Upaya mendongkrak tingkat partisipasi pemilih dalam pelaksanaan Pemilu 17 April mendatang terus dilakukan. Selain sosialisasi secara gencar, inovasi lain dilakukan seperti seperti menyiapkan souvernir.

Salah satunya dilaksanakan Forum Komunikasi dan Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Sungai Keruh, Muba, Sumsel. Dalam Pemilu 2019 kali ini, para penyelenggara dan pemilih bakal mendapatkan berbagai hadiah dan souvenir.

"Ada tiga hal yang kita lakukan untuk peningkatan partisipasi pemilih di kecamatan kita ini. Pertama kita akan berikan reward bagi tiga Kepala Desa dan Ketua PPS dengan partisipasi pemilih tertinggi, kedua kita berikan reward bagi TPS terunik, terakhir kita berikan souvenir bagi setiap pemilih," ujar Camat Sungai Keruh, M Imron, usai membuka acara Sosialisasi dan Verifikasi Penyelenggara Pemilu dan Rekrurmen KPPS, Kamis (7/2/2019).

Khusus untuk souvenir, kata Imron, dibagikan kepada pemilih yang telah menyalurkan hak pilihnya dengan menunjukkan bukti jari yang telah ditandai atau dicelup tinta. Untuk mata pilih Sungai Keruh berdasarkan Daftar Pemilihan Tetap (DPT) yang dikeluarkan KPU yakni sebanyak 16.672 pemilih.

"Ini kita lakukan berkaca pada Pilgub 2017 lalu. Sebab, saat itu di Sungai Keruh partisipasi pemilih hanya mencapai 58,2%. Dengan adanya reward dan souvenir ini diharapkan dapat merangsang keinginan warga untuk menyalurkan hak pilihnya nanti," jelas dia seraya menambahkan pihaknya ingin pelaksanaan Pemilu di Sungai Keruh Sukses dengan angka partisipasi tinggi.

Kapolsek Sungai Keruh, Iptu Ade Nurdin mengatakan, pihaknya sangat mendukung langkah yang dilakukan Forkopimcam dalam peningkatan partisipasi pemilih saat Pemilu April mendatang. "Kita berikan support maksimal untuk peningkatan partisipasi pemilih," kata dia.

Lebih lanjut Ade mengatakan, pihaknya bersama TNI memastikan akan bersama-sama mengawal pelaksanaan Pemilu agar dapat terselenggara dengan baik dan aman. "Kita juga berusaha menciptakan Kamtibmas di Kecamatan Sungai Keruh. Agar Pemilu terselenggara denga baik," ucap dia.

Sementara, Komisioner KPU Muba Divisi Teknis dan Penyelenggara, Khairul Anam, menambahkan, pihaknya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Forkopimcam Kecamatan Sungai Keruh. "Upaya ini perlu kita dukung bersama dan ini sangat membantu sekali," terang dia.

Apa yang dilakukan Forkopimcam Sungai Keruh ini, sambung Khairul, akan disosialisasikan pihaknya ke kecamatan lain di Kabupaten Muba agar dapat ditiru, sehingga angka partisipasi Pemilu 2019 mendatang dapat mencapai target yang ditetapkan oleh KPU Muba yakni 80%.

"Ya, tentunya informasi (pemberian reward dan souvenir) ini akan disampaikan ke kecamatan lain dengan harapan kecamatan lain ikut memberikan reward. Karena sangat bagus untuk peningkatan partisipasi pemilih," jelas dia.

Hal senada juga dikatakan Anggota Panwascam Sungai Keruh, Sahlan, menurut dia, langkah menggugah keinginan untuk meningkatkan partisipasi pemilih perlu dilakukan. "Kita sangat apresiasi apa yang dilakukan Forkomincam ini, sangat baik dan sangat membantu," terang dia.

Terpisah, Bupati Muba Dodi Reza Alex, mengatakan, pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Muba harus berjalan maksimal, baik dan aman dengan angka partisipasi pemilih yang besar.

"Partisipasi pemilih tinggi dan diharapkan berjalan damai tertib patuh hukum dan sukses dalam penyelenggaraan dan Muba dengan program Zero Konflik nya dapat menjadi inisiasi daerah lain," tandas orang nomor satu di Bumi Serasan Sekate ini.

Reporter : Amarullah Diansyah Editor : Zul Mulkan 181