Berita :: GLOBALPLANET.news

Massa terpancing untuk menutup simpang tiga jalan Desa Sukaraja Tuha. (Foto: Ist)

08 Februari 2019 17:19:00 WIB

OKUT, GLOBALPLANET - Karena hingga kini belum ada keputusan tentang penyelesaian sengketa Pilkades Sukaraja Tuha, Kecamatan Buay Madang, Kabupaten OKU Timur yang dilaksanakan pada 24 Januari 2019 lalu. Hal itu membuat massa terpancing dan melampiaskannya dengan cara menutup simpang tiga jalan Desa Sukaraja Tuha. Aksi ini berlangsung Jumat (08/02/2019).

Kondisi ini meskipun berlangsung tidak lama namun sempat membuat arus lalu lintas menjadi macet. Selain itu massa juga sempat membakar ban sehingga situasi menjadi semakin tegang.

Lukman, salah satu Calon Kepala Desa mengatakan, sebenarnya apa yang dilakulan oleh masyarakat itu bukan unjukrasa. Namun masyarakat melampiaskan kekecewaan atas tidak adanya tanggapan dari pemerintah untuk menyelesaikan permasalahan maupun sengketa yang terjadi saat Pilkades. Masyarakat hanya meminta dilakukan pemilihan ulang.

"Memang sempat massa menutup jalan tapi tidak lama bahkan ada yang membakar ban tapi saya larang," terangnya.

Dia mengatakan, saat pemilihan Kades terjadi kecurangan karena ada masyarakat yang menerima uang pemberian uang dari salah Timses salah satu calon. "Menjelang Pilkades ada kecurangan, ada pemberi dan ada yang menerima, sebesar Rp200 ribu," ungkapnya.

Karena ada kecurangan ini membuat masyarakat tidak bisa menerima hasil Pilkades dan menuntut dilakukan pemilihan ulang.

Sementara Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi S.Sos menambahkan, untuk penyelesaian masalah ini Senin (11/02/2019) akan dirapatkan di tingkat unsur pimpinan daerah yang dihadiri masing-masing calon didampingi satu Timses.

Masyarakat melakukan unjukrasa menuntut Camat melakukan pemilihan ulang sedangkan kotak suara masih di Polsek, sehingga tidak alasan untuk dilakukan pemilihan ulang.

Aksi ini merupakan murni gerakan calon yang tidak puas. Isu jika akan ada pelantikan itu tidak benar karena hasil dari Pilkades ini belum ada. Namun maksimal 30 hari harus diselesaikan. Apa dasar untuk dilakukan pemilihan ulang proses pemilihan dan penghitungan sudah selesai,imbuhnya.

"Ini akan dirapatkan ditingkat unsur pimpinan daerah rapat akan dilaksanakan di kantor DPRD itu yang netral,"j elasnya

Reporter : Dadang Dinata Editor : M.Rohali 246