Berita :: GLOBALPLANET.news

Aktifitas PO Bus di Terminal Tipe A Karya Jaya yang lebih memilih angkut barang ketimbang penumpang, Jum'at (8/2/2019). (Foto: Rachmad Kurniawan)

08 Februari 2019 19:10:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Keresahan Sejumlah Perusahaan Oto Bus (PO) di Terminal Tipe A Karya Jaya Palembang yang lebih memilih mengangkut barang ketimbang mengantar penumpang. Hal ini diakibatkan karena tidak adanya aktifitas di salah satu terminal Bus Antar Provinsi terbesar di Kota Palembang yang terletak di kawasan Kertapati tersebut.

Hal ini telah dirasakan pegawai dan pemilik PO sejak beberapa tahun belakang ini. "Kami sudah sejak 4 Tahun terakhir sudah tidak angkut penumpang dan lebih memilih angkut barang," ungkap Kepala PO Lempuing Indah, Ida Imun ketika dijumpai di terminal Tipe A Karya Jaya, Jum'at (8/2/2019)

Dikatakan Ida, keadaan seperti ini sudah terjadi sejak Tahun 2010 lalu. Dimana, untuk penyedia PO hanya pihaknya yang sekarang masih beroperasi di dalam terminal. "Kami tidak ada penghasilan lain, sedangkan kuli juga sudah banyak menganggur karena sepi aktivitas," ungkapnya.

Ia mengaku untuk saat ini telah dibebaskan dari biaya sewa kios namun demikian bantuan tersebut sama sekali tak berpengaruh akibat sepinya terminal.

"Kami sekarang di gratiskan untuk sewa kios. Namun meski sudah gratis sewa, masih banyak ratusan kios di terminal ini yang kosong karena sepi," jelas dia.

Ida berharap Terminal Tipe A Karya Jaya dapat berfungsi seperti terminal lain. Dan tidak dibiarkan dalam kondisi seperti sekarang.

Hal serupa diungkapkan, pegawai PO Harum Sari jurusan, Jakarta, Jabar dan Jatim, Susi berkata, sekarang penumpang yang naik dari Terminal Tipe A Karya Jaya sudah sepi.

Namun demikian, ia melanjutkan, pihaknya sedikit mendapat berkah lantaran tarif pesawat serta diberlakukan bagasi berbayar di bandara. "Biasanya sehari Penumpang 3-5 orang yang naik sekarang bisa kadang sampai 7 orang," jelasnya.

Sementara, PLT Koordinator Salpel Terminal Tipe A Karya Jaya, Edi Gunata berkata, sementara ini pihaknya terus melakukan edukasi sesuai intruksi dari Kementrian Perhubungan.

Selain itu, pihaknya juga mengupayakan, Terminal Tipe A Karya Jaya difungsikan kembali selayaknya terminal. "Sekarang bisa masih proses menata ulang agar, Terminal Karya Jaya kembali ramai pengunjung seperti yang ada di Bandara," sambungnya.

"Untuk itu, kita mengutamakan kenyaman serta memperhatikan keselamatan penumpang dengan melakukan Ramchek kepada Bus AKAP yang hendak melakukan perjalanan antar provinsi," ujarnya.

Area lampiran

Reporter : Rachmad Kurniawan Editor : M.Rohali 110