Berita :: GLOBALPLANET.news

Ilustrasi. (Foto:Ist)

11 Februari 2019 08:51:49 WIB

FINLANDIA, GLOBALPLANET.news - Finlandia merupakan salah satu negara di dunia yang memberikan gaji bagi masyarakat yang tidak bekerja alias menganggur sebesar Rp8,8 juta setiap bulan. Program ini dilakukan selama dua tahun sejak 2017 -2018 dengan tujuan untuk mengurangi pengangguran di negara tersebut.

Program yang sudah dijalankan sejak dua tahun lalu dan berakhir pada Desember 2018 lalu ini masih dikaji apakah tujuan utama dari program ini berhasil atau tidak.

Sebelumnya pemerintah Finlandia meluncurkan program menggaji masyarakat menganggur ini bertujuan agar masyarakat tidak memiliki pekerjaan mempuyai waktu mencari pekerjaan selama durasi dua tahun tersebut.

Selain itu, program ini diklaim bisa mengurangi tingkat stres masyarakat yang dipicu kemiskinan di negara tersebut. Tak tanggung-tanggung, pemerintah Finlandia telah memberikan gaji secara cuma-cuma ini untuk 2.000 orang pengangguran di Finlandia yang tersebar diberbagai daerah. secara acak

Dikutip dari Inilah.com, Senin (11/02/2019), salah satu peneliti Kela di balik kajian Finlandia Miska Simanainen mengatakan, saat ini pihaknya sedang menguji untuk "melihat apakah ini akan menjadi cara untuk memperbaiki sistem keamanan sosial".

Simanainen mengatakan sementara sebagian orang mendapatkan pekerjaan, kemungkinan bahwa mereka melakukan ini sama dengan kelompok kontrol yang tidak diberikan uang. Namun, mereka tetap masih berusaha mengetahui mengapa hal ini terjadi.

Kendati demikian, ungkanya, tujuannya untuk membuat orang secara umum menjadi lebih bahagia, maka skema ini dapat dipandang sebagai suatu keberhasilan.

Namun, para peneliti Kela sekarang sedang sibuk menganalisa hasil penelitian untuk mengetahui berbagai hal lain yang dapat diketahui terkait dengan penerapan gaji yang diberikan secara Cuma-cuma terebut.

Reporter : Globalplanet Editor : Karerek 99