Berita :: GLOBALPLANET.news

Warga meratapi dan pengendara yang berjuang menembus kubangan lumpur di jalan penghubung Muba - PALI. Gubernur Sumsel berjanji segera memperbaiki jalan provinsi yang telah lama rusak itu. (Foto: Amarullah Diansyah)

12 Februari 2019 11:09:20 WIB

MUBA, GLOBALPLANET.news - Jalan penghubung antar kabupaten yakni Muba-PALI makin memprihatinkan. Jalan berstatus milik provinsi dengan panjang mencapai 39 Km ini terus mengalami kerusakan.

Kerusakan jalan saat ini dinilai semakin menganggu aktifitas masyarakat. Serangkali membuat kemacetan yang sangat panjang diakibatkan kendaraan terjebak lumpur, sehingga harus berhenti di tengah jalan yang membuat arus lalu lintas lumpuh.

Kondisi membuat laju perekonomian dan orang menjadi sangat terhambat. Lantaran harus melintasi puluhan titik jalan yang rusak tersebut.

"Kerusakannya semakin hari semakin menjadi-jadi, hampir di sepanjang jalan ini. Lihat saja lubang di mana-mana, dipenuhi lumpur," ujar Bakrie, warga Kecamatan Sekayu, Selasa (12/2/2019).

Setiap hari, kata dia, warga dari Kecamatan Sekayu, Plakat Tinggi dan Sungai Keruh harus berhadapan dengan kondisi jalan yang buruk. Bahkan anak-anak sering terlambat masuk sekolah karena terjebak di jalan yang rusak.

"Itu anak-anak sekolah, mereka sering terlambat sekolah. Karena saat melintas sering terjebak di jalan yang macet. Karena ada mobil terjebak di dalam lumpur," kata dia.

Situasi seperti ini, telah lama terjadi. Namun, hingga saat ini belum ada perhatian dari Pemerintah Provinsi Sumsel. "Perhatikan kami ini pak, perbaiki jalan ini. Jangan dibiarkan begini terus, kasihan masyarakat," terang dia.

Hal senada juga dikatakan Rahmadi, warga Kecamatan Sungai Keruh ini, mengaku setiap hari selalu mengalami kesulitan saat melintas di jalan provinsi tersebut. "Seperti main offroad kita setiap hari. Karena jalannya berlubang dan berlumpur, banyak pula," ucap dia.

Di penghujung tahun lalu, masyarakat bersama pemerintah kecamatan pernah melakukan perbaikan jalan secara swadaya dengan cara melakukan penimbunan menggunakan batu koral. Namun upaya itu belum berhasil, karena tidak ada perbaikan lanjutan secara permanen.

Sebelumnya, Gubernur Sumsel Herman Deru berjanji segera memperbaiki jalan berstatus milik Provinsi Sumsel yang ada di Kabupaten Musi Banyuasin. Janji itu disampaikan Deru saat menghadiri Peringatan Hari Keluarga Nasional ke XXV Tingkat Provinsi Sumsel dan Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Muba, di Stable Berkuda, Sekayu, Selasa (10/10/2018) lalu.

"Saya baru (dilantik jadi gubernur) datang  dan langsung diminta Bupati Muba untuk memperbaiki jalan provinsi sepanjang 39 Km dan itu segera kita lakukan. Dodi ini adik saya, jadi segera (diperbaiki)," kata mantan Bupati Kabupaten OKU Timur ini.

Reporter : Amarullah Diansyah Editor : Zul Mulkan 190