Berita :: GLOBALPLANET.news

Arbanu. (Foto : Rody Hartono)

12 Februari 2019 16:19:17 WIB

EMPAT LAWANG, GLOBALPLANET - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Empat Lawang, mendata setidaknya 1.600-an guru berstatus honor komite yang tersebar di seluruh SMP dan SD se Kabupaten Empat Lawang.

Kepala Dinas Penddidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kabupaten Empat Lawang, Rita Purwaningsi melalui Kabid Sumber Daya Manusia dan Pendataan Tenaga Kependidikan Arbanu mengatakan, pembiayaan guru honorer komite dibebankan kepada sekolah masing-masing yang diambil dari dana BOS masing-masing sekolah.

"Ada alokasi 20 persen dari dana BOS untuk kesejahteraan kepegawaian di sekolah. Dari sanalah gaji guru honorer dibayar pihak sekolah, termasuk untuk tenaga kerja sukarela yang ada di tata usaha sekolah," ungkap Arbanu saat dibincangi wartawan di ruang tugasnya, Selasa (12/2/2019).

Jika guru honorer komitenya banyak sebut dia, maka pembagiannya juga banyak. Makanya jika sekolah tersebut tidak terlalu banyak siswanya, otomatis gaji honorer komite juga kecil. "Berbeda jika sekolah tersebut memiliki siswa banyak," ujarnya.

Karena itulah lanjut Arbanu, Bupati Empat Lawang memiliki program penambahan insentif bagi guru sukarela di sekolah melalui dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Empat Lawang. Meski tidak besar, hanya Rp300 ribu per guru, tentu sangat membantu untuk penambahan penghasilan para guru sukarela.

"Tentu saja, karena keterbatasan anggaran, Pemkab hanya mampu menyediakan anggaran untuk 1.100 guru sukarela. Saat ini dalam proses pemberkasan guru calon penerima insentif itu. Jika pendaftarnya melebihi quota yang ada, terpaksa kita adakan tes, namun jika pendaftar dibawah anggka quota, kemungkinan tidak ada tes," paparnya.

Djelaskannya, tenaga guru di Kabupaten Empat Lawang, memang diakui masih kurang. Idealnya sebut dia, penambahan jumlah guru PNS di Kabupaten Empat Lawang, minimal 700-guru. "Kalau harapan kita, seluruh guru honorer yang ada itu bisa diangkat PNS," tandasnya.

Reporter : Rody Hartono Editor : M.Rohali 111