Berita :: GLOBALPLANET.news

Api meludeskan dua rumah milik Imah Bundar dan Jum warga Desa Betung, Kecamatan Abab Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI). (Foto: Ist)

13 Februari 2019 00:03:00 WIB

PALI, GLOBALPLANET - Dua rumah milik Imah Bundar dan Jum warga Desa Betung, Kecamatan Abab Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) ludes terbakar, pada Selasa (12/2/2019) sekitar pukul 22.00 WIB. Perisitiwa nahas tersebut terjadi saat pemilik rumah sedang pergi.

Masyarakat sekitar sudah berupaya memadamkan api dengan alat seadanya, tetapi, meski berusaha keras, namun usaha warga tidak dapat membendung api yang terlanjur membesar hingga meluluhlantakan dua rumah yang terbuat dari papan tersebut.

Saat kejadian diketahui kedua pemilik rumah sedang berada di ruamah kerabatny di desa tersebut, sehingga tidak ada korban jiwa dalam kejadian etrsebu, namun barang-barang milik korban tidak bisa diselamatkan lagi.

"Dua rumah itu berdekatan, dan saat kejadian tengah kosong, karena pemiliknya sedang mengunjungi kerabatnya," terang Jhen, tetangga korban, Selasa (12/2/2019).

Dua rumah tersebut dikatakan Jhen masing-masing milik Imah Bundar dan Jum. Asal api belum diketahui, sebab saat kejadian, sebagian warga tengah istirahat di dalam rumahnya masing-masing. Dan saat diketahui, api sudah membesar.

Diakui juga Juniantoro, warga Desa Betung lainnya bahwa akibat kejadian tersebut, pemilik rumah saat ini mengungsi di rumah tetangganya, kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

"Karena jaraknya cukup jauh, armada Damkar telat datang. Kondisi rumah saat ini rata dengan tanah dan api telah padam kemudian dilakukan pendinginan oleh petugas Damkar. Kami bersyukur, karena api tidak merembet ke rumah warga yang lainnya," imbuhnya.

Reporter : Eko Jurianto Editor : M.Rohali 368