Berita :: GLOBALPLANET.news

Ratusan anggota Polres OKU Timur, bersama tim orange, DLH serta anggota Bhayangkari, bersama-sama melakukan kegiatan bersih-bersih di area Taman Kota Martapura. (Foto: Dadang Dinata)

22 Februari 2019 14:45:00 WIB

OKUT, GLOBALPLANET - Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019, Jum'at (22/02/2019), ratusan anggota Polres OKU Timur, bersama tim orange, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) serta anggota Bhayangkari, bersama-sama melakukan kegiatan bersih-bersih di area Taman Kota Martapura.

Aksi peduli pungut sampah tersebut di pimpin Kapolres OKU Timur AKBP Erlin Tangjaya SH, SIK, peserta yang sudah dibagi berkelompok langsung turun ke arae taman kota dan ke pasar sampai ke polsek Martapura. Secara berkelompok memungut sampah-sampah yang berserakan dan dimasukkan ke truk sampah yang sudah di siapkan oleh Dinas Lingkungan Hidup untuk di bawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

"Masih rendahnya tingkat kepedulian terhadap kebersihan lingkungan, adanya kebiasaan masyarakat membuang sampah sembarangan, perilaku tersebut yang dapat menyebabkan penyumbatan aliran air dan terjadi banjir dimana-mana. Karena itu saya mengajak peserta upacara terkhusus personil Polres dan seluruh Polsek beserta jajarannya untuk menjadi motivator maupun penggerak masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan sehat," ungkap Kapolres.

Dia menambahkan, permasalahan sampah bukan semata-mata tanggung Jawab Pemerintah, "Sampah termasuk tanggung jawab kita bersama, jangan ragu-ragu untuk menegur masyarakat yang tidak membuang sampah pada tempatnya. Pemerintah setempat sudah memberikan beberapa fasilitas tempat penampungan sementara," tegasnya.

Reporter : Dadang Dinata Editor : M.Rohali 133