Berita :: GLOBALPLANET.news

Ketua Umum NPCI Sumsel Ryan Yohwari seusai Rapat Kordinasi bersama seluruh NPCI kabupaten/kota di Sumsel, di aula DPD RI Sumsel, Senin (25/2/2019). (Foto: Adi Kurniawan)

25 Februari 2019 19:26:22 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Jelang Pekan Paralimpyc Provinsi (Peparprov) di Prabumulih November 2019 mendatang, Pengurus National Paralimpyc Committee Indonesia (NPCI) Sumsel bakal menggelar Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) pada Juli 2019.

"Kita komitmen, bahwa pembinaan atlet tak cukup dengan latihan. Makanya kita ingin Kejurprov ini menjadi jalan prestasi bagi atlet-atlet kita dari 17 kabupaten/kota di Sumsel," kata Ketua Umum NPCI Sumsel Ryan Yohwari saat Rapat Kordinasi bersama seluruh NPCI kabupaten/kota, di aula DPD RI Sumsel, Senin (25/2/2019).

Kejurprov akan diikuti delegasi atlet seluruh kabupaten/kota dengan empat cabang olahraga yang dipertandingkan. Mulai dari catur, atletik, tenis meja  dan renang. Awalnya, Kejurprov akan digelar di Muara Enim pada bulan Oktober 2019, namun NPCI Muara Enim mengundurkan diri karena belum adanya kesiapan sarana dan prasarana, sehingga diambil alih NPCI Sumsel.

Kejurprov tersebut diharapkan mampu melahirkan atlet-atlet potensial untuk dibina NPCI Sumsel untuk kemudian diuji ke nasional melalui berbagai Kejurnas masing-masing cabang olahraga.

"Tapi memang kita kendalanya di pembiayaan. Memang tidak semua hal harus pakai uang, namun segala-galanya butuh pembiayaan. Artinya harapan kita semoga ada jalan keluar ke depan, karena ini demi pembinaan atlet kita," harapnya.

Sementara itu, Dewan Pembina NPCI Sumsel Hendri Zainuddin mengapresiasi semangat pembinaan atlet karena memang kompetisi adalah hal yang wajib dalam pembinaan selain latihan yang sudah dijalankan.

"Mudah-mudahan bisa, kita akan bantu cari solusi mengenai pembiayaan untuk Kejurprov. Harapannya semoga Kejurprov nanti berjalan lancar dan lahir atlet-atlet dunia yang muncul dari Sumsel," pungkasnya.

Reporter : Adi Kurniawan Editor : Zul Mulkan 354