Berita :: GLOBALPLANET.news

Relasi KPU Lahat saat melakukan sosialisasi door to door di salah satu rumah warga, Selasa (26/2/2019). (Foto: Ferry)

26 Februari 2019 11:48:34 WIB

LAHAT, GLOBALPLANET - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lahat menargetkan, sebesar 80 persen partisipasi pemilu pada Pileg dan pilpres tahun 2019. Salah satu upaya untuk mencapai angka tersebut, Relawan Demokrasi (Relasi) KPU Lahat yang tersebar di lima daerah pilih (dapil), pilih cara door to door sampaikan pesan-pesan Pemilu pada masyarakat Kabupaten Lahat.

Seperti yang dilakukan Selvi Anggriani, Relawan demokrasi dapil Kota ini, sengaja memilih kelompok ibu-ibu pengajian untuk sasaran sosialisasinya. Dengan harapan, masing-masing ibu tersebut, bisa menyampaikan ulang apa yang disampaikannya. Seperti ajakan untuk tidak golput dan bahaya dari golput.

"Kalau langsung interaksinya kan enak, misal ada masyarakat yang beluk jelas soal pemilahan bisa langsung dijawab," ucapnya, Selasa (26/2/2019).

Lanjutnya, pesan-pesan yang disampikan meliputi, hari dan tanggal pencoblosan,  teknis tata cara pencoblosan, warna-warna kertas suara, tata cara pemilih asal luar Kabupaten Lahat, serta bahaya-bahaya yang ditimbulkan akibat golput.

"Kita terus berupaya mengajak masyarakat, agar tidak golput saat pemilihan nanti, karena satu suara menentukan nasib lima tahun kedepan," ujar relawan demokrasi dengan basis keluarga ini.

Sementara, Tiara Embri Marcerina, relawan Basis Perempuan mengatakan, mewakili teman-teman relawan lainnya. Target 80 persen partisifasi masyarakat pada Pemilu mendatang, optimis bakal tercapai. Mengingat teman-teman relawan lainnya, terus semangat memberikan ajakan pada masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya. 

"Kami optimis, target tersebut bisa tercapai. Selain bergerak sesuai basis, kami para relawan juga bergerak secara tim. Rencana kedepan, kami akan memberikan sosialisasi di Lapas klas II A Lahat," katanya

Reporter : Ferry Andhika Editor : M.Rohali 404