Berita :: GLOBALPLANET.news

Menteri Pendidikan didampingi Gubernur Sumsel Herman Deru dalam gebyar pendidikan di kantor Dinas Pendidikan Palembang, Senin (4/3/2019) (Foto: Ist).

04 Maret 2019 17:05:58 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Gubernur Sumsel Herman Deru meminta pemerintah pusat memberikan kuasa untuk meningkatkan status guru honorer menjadi ASN. Menurutnya masih banyak guru honorer di Sumatera Selatan yang membutuhkan perhatian.

Hal ini diungkapkan Herman Deru saat acara Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palembang, Senin (4/3/2019), di halaman Kantor Dinas Pendidikan Kota Palembang. Pada Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palembang diisi dengn sejumlah kegiatan antara lain pertunjukan tari kolosal, lomba tari, dan lomba mural tingkat SD-SMP. Kegiatan disemarakkan dengan doorprize sepeda motor dan hadiah sepeda.

Acara dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy,  Wakil Walikota Palembang Fitri anti Agustinda, Kepala Sekolah, Guru dan Pelajar di Kota Palembang. 

"Pak Menteri minta tolong, banyak guru honorer SD, SMP, SMA. Kalau tidak mampu mengangkatnya tolong berikan kuasa agar kami dapat mengangkatnya," ujar Herman Deru disela-sela sambutannya.

Menanggapi hal ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy pada sambutannya mengatakan, mulai tahun lalu pemerintah mulai memperhatikan guru honorer.

Menurutnya pengangkatan guru honorer dilakukan melalui dua jalur tes yaitu jalur tes PNS dan jalur tes PPPK.  "Jalur PPPK itu untuk guru usia di atas 35 tahun yang tidak bisa ikut tes PNS," imbuhnya. 

Pada kesempatan itu secara simbolis Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy secara simbolis menyerahkan daftar Dana Alokasi Khusus (DAK) Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Tahun 2019 untuk Kota Palembang kepada Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda.

Reporter : Rachmad Kurniawan Editor : M.Rohali 179