Berita :: GLOBALPLANET.news

Ketua Umum NPCI Sumsel Ryan Yohwari. (Foto: Adi Kurniawan)

04 Maret 2019 17:58:47 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Pengurus National Paralimpyc Committee Indonesia (NPCI) Sumsel menargetkan lima atletnya lolos di Seleksi Nasional (Seleknas) ASEAN Para Games (APG) Filipina November 2019 mendatang. NPCI Sumsel mengirimkan sembilan atletnya ke Kejuaraan Nasional (Kejurnas) sekaligus Seleknas Catur di Solo pada 1-5 Maret 2019.

"Target kita minimal lima bisa lolos Seleknas. Karena kita tahu, bahwa target tersebut cukup realistis. Ada Yuni, Hendy, Maksum yang kemarin juga memperkuat Indonesia Asian Para Games di Jakarta," kata, Ketua Umum NPCI Sumsel Ryan Yohwari saat dibincangi melalui telepon selulernya, Senin (4/3/2019).

Ryan mengaku para atlet tak harus jumawa, karena permainan perlu tingkat kefokusan. Sehingga pecatur yang diturunkan mampu menutup kompetisi dengan capaian sesuai target.

"Fokus dan tenang, karena kita tahu bahwa semua yang turun di Seleknas pasti juga menargetkan lolos. Sehingga memang diperlukan fokus dan ketenangan saat bermain cabor ini," ujarnya.

Disinggung mengenai beberapa lampu kuning bagi atlet NPCI Sumsel, menurut Ryan semua atlet menjadi ancaman. Apalagi pulau Jawa yang diakui memiliki banyak atlet yang berprestasi karena support pembinaan pemerintah setempat sangat luar biasa.

Ryan mengatakan kesembilan atlet tersebut adalah Yuni, Ade R Nasution, Maksum Firdaus, Hamza, Supriono, Aji Hartono, Arifin, Hendy dan Fitrianto.

Pasalnya, single event nasional di Solo, Jawa Tengah yang digelar pada 1-5 Maret 2019 ini menjadi gerbang awal bisa memperkuat Merah Putih multievent ASEAN Para Games ini.

"Ya, kita telah menurunkan sembilan atlet di Kejurnas Catur yang juga merupakan ajang Seleknas pusat untuk ASEAN Para Games," pungkasnya.

Reporter : Adi Kurniawan Editor : M.Rohali 173