Berita :: GLOBALPLANET.news

Di depan gedung KPU Muba yang berada di Jalan Merdeka Sekayu saat simulasi bentrok antara ratusan massa dari salah satu pendukung Calon Legeslatif (Caleg) dengan anggota TNI-Polri, Selasa (12/3/2019). (Foto: Amarullah Diansyah)

12 Maret 2019 11:40:41 WIB

MUBA, GLOBALPLANET - Suasana di Gedung KPU Musi Banyuasin (Muba) yang biasanya tenang, tiba-tiba berubah menjadi mencekam. Sebab, di depan gedung yang berada di Jalan Merdeka Sekayu ini terjadi bentrok antara ratusan massa dari salah satu pendukung Calon Legeslatif (Caleg) dengan anggota TNI-Polri, Selasa (12/3/2019).

Ratusan masa menuju Gedung KPU sekitar pukul 09.00 WIB, kedatangan ratusan orang ini bertujuan untuk menyampaikan protes terhadap hasil Pemilu. Niat masa untuk menduduki Gedung KPU Muba batal lantaran terhalang barikade anggota Polri dan TNI yang sebelumnya telah siap siaga. 

Massa pun akhirnya hanya mampu berorasi di depan gedung sembari membawa sejumlah alat peraga berupa spanduk dan lainnya berisikan protes terhadap hasil Pemilu. Bukan hanya itu, masa pun nekat membakar ban di hadapan barikade petugas.

Situasi semakin memanas, saat sejumlah orang melemparkan benda tumpul ke arah petugas yang berujung bentrok antara petugas dan masa. Akibatnya, sejumlah orang mengalami luka-luka dan langsung dibawa oleh tim medis untuk mendapatkan pertolongan pertama.

Tindakan tegaspun diambil untuk membubarkan kerumanan masa dengan cara menurunkan satu unit mobil water canon dan tim pengendali masa, sehingga situasi dapat diredam dan suasana kembali normal.

Situasi mencekam tersebut merupakan simulasi gladi lapangan dengan maksud untuk mengantisipasi kontigensi atau kegentingan terhadap potensi kerawanan dalam penyelenggaraan Pemilu yang berlangsung 17 April mendatang.

"Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dalam pengamanan Pemilu serentak 17 April mendatang, dalam simulasi ini pihaknya dibackup oleh anggota TNI dari Kodim 0401 Muba," ujar Kapolres Muba AKBP Andes Purwanti.

Untuk pengamanan Pemilu kali ini, sambung Andes, seluruh personil Polres Muba dan Kodim 0401 Muba dikerahkan, dibantu dengan personil BKO dari Polda Sumsel. "Yang jelas kita siap dalam pengamanan, sebanyak lebih kurang 600 anggota disiapkan dari gabungan dan BKO Polda Sumsel," tandas dia.


 

Reporter : Amarullah Diansyah Editor : M.Rohali 268