Berita :: GLOBALPLANET.news

Kotak sampah dari ban bekas. (foto: ist)

14 Maret 2019 09:50:15 WIB

EMPAT LAWANG, GLOBALPLANET - Sebanyak 1.130 buah kotak sampah, akan dibagikan di Kecamtan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang, oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Empat Lawang, dalam waktu dekat.

Kepala DLH kabupaten Empat Lawang, Munfazir Ghozali melalui Kabid Kebersihan, Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 DLH Kabupaten Empat Lawang, Arta Ujang mengatakan, penyebaran kotak atau tempat sampah ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan kotak sampah bagi masyarakaat di Tebing Tinggi. Mengingat, kotak sampah yang lama sudah bayak tidak layak pakai akibat termakan usia.

"Kotak sampah itu akan disebar di wilayah kelurahan-kelurahan dalam wilayah Tebing Tinggi. Dalam waktu dekat segera kita sebar," kata Arta saat dibincangi wartawan di kantor DLH Kabupaten Empat Lawang, yang beralamat di Jalan Poros Tebing Tinggi - Pendopo (Jalan Noerdin Pandji) Komplek Perkantoran Pemkab Empat Lawang Kilometer (Km) 7,5 Tebing Tinggi, Kamis (14/3/2019).

Menurut Arta, pembuatan kotak/tempat sampah dilakukan olah salah satu rekanan DLH Kabupaten Empat Lawang, yang berada di Kecamatan Pendopo Kabupaten Empat Lawang. Speaifikasinya atau bahan bakunya dari ban bekas. Ini bertujuan untuk menghindari penyalahgunaan kotak/tempat sampah oleh oknum masyarakat.

"Sebab, pernah kita buat dari bahan yang bagus, namun diambil oknum lalu digunakan bukan untuk nampung sampah, tapi untuk keperluan lain bagi dia. Kalau dari drum, juga mudah hilang, tahu-tahu dibuat warga untuk tungku, makanya kita ambil material dari ban bekas biar tidak mudah hilang," ujarnya.

Dia berharap, kotak sampah yang segera dibagikan ini, dapat bermanfaat bagi masyarakat dan tidak lagi disalahgunakan. Sebab, dengan adanya kotak sampah, diharapkan masyarakat tidak lagi membuang sampah sebarangan. "Kalau nanti kurang, nanti kita coba minta pakai dana CSR perusahaan," ujarnya. 

Sebenarnya lanjut dia, sebanyak 50 kotak sampah secara simbolis sudah dibagikan oleh Ketua PKK Kabupaten Empat Lawang, Heppy Sefriani Joncik di Desa Karang Tanding Kecamatan Lintang Kanan, kemarin. Namun untuk keseluruhan, akan dibagikan pihaknya dalam waktu dekat.

"Dipilihnya Desa Karang Tanding sebagai lokasi simbolis penyerahan kotak sampah, karena desa ini pemenang lomba desa se Kabupaten Empat Lawang dan akan mengikuti lomba desa se Sumsel 2019. Ada 50 kotak sampah yang kita bagikan di sana," tukasnya. 

Reporter : Rody Hartono Editor : M.Rohali 202