Berita :: GLOBALPLANET.news

Anggota Palembang Peduli Hewwn Syarif Hidayat saat diwawancara, Kamis (14/3/2019). (Foto: Rachmad Kurniawan)

14 Maret 2019 18:35:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Sebagai penyayang komunitas Palembang Peduli Hewan sangat mengapresiasi atas resminya Rumah Sakit Hewan yang baru saja diresmikan oleh Gubernur Sumsel, Kamis (14/3/2019).

Rica Miranda Wakil Ketua P2H didampingi anggota Syarif Hidayat mengungkapkan, dengan hadirnya RSH Sumsel sangat berpengaruh kepada kehidupan hewan-hewan terlantar.

"Apalagi ini dikelola oleh Pemerintah Provinsi otomatis ada subsisdi, kita harapkan tidak ada lagi hewan terlantar. Karena beberapa kendala rekan-rekan yang menemukan hewan terlantar baik kucing anjing dan sebagainya adalah merawat hewan tersebut tapi terkendala biaya. Kami ucapkan terimakasih sebesar-besarnya," ungkap Rica.

Untuk sosialisasi dan mengedukasi para pemilik hewan peliharaan, pihaknya menggunakan media sosial sebagai sarana untuk mengingatkan pemilik hewan melakukan cek kesehatan kepada hewan kesayangannya serta pengawasan kepada hewan terlantar.

"Kita ada medsos untuk menampung laporan netizen, baru setelahnya akan koordinasi dengan pihak PDHI (Perastuan Dokter Hewan Indonesia)," ujarnya.

Syarif Hidayat salah satu anggota P2H menambahkan, setelah adanya RSH pihaknya juga menunggu perhatian dari Pemkot untuk turut memperhatikan nasib hewan terlantar.

"Seperti yang disampaikan Gubernur kita, semua makhluk hidup memiliki hak yang sama dalam hal kelayakan hidup. Sebelumnya pada tahun 2011 sebelum perhelatan Sea Games pemkot melakukan penyuntikkan rabies dan pendataan pada sejumlah hewan disekitar Jakabaring Sport City. Dan ternyata banyak sekali yang belum terdata," bebernya.

Ia berharap pemerintah kota terutama tingkat Kelurahan lebih aktif menggandeng pecinta hewan untuk melakukan pendataan. Karena berdasarkan temuannya pada papa di Kantor Kelurahan kolom hewan peliharaan kosong.

"Ini artinya tidak ada laporan dari pihak Kelurahan ke Dinas terkait, karena data tersebut telah diminta Dinas terkait kota Palembang. Maka, kami harap Pemkot juga bersinergi bersama kami untuk memerhatikan para hewan," tutupnya.

Reporter : Rachmad Kurniawan Editor : M.Rohali 76