Berita :: GLOBALPLANET.news

Wali Kota Palembang H Harnojoyo bersama PHDI Sumsel, Jumat (15/3/2019). (Foto: Ist)

15 Maret 2019 10:49:50 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Pengurus Parisada Hindu Dharma Indonesia Provinsi Sumatera Selatan menyatakan dukungan terhadap program Pemerintah Kota Palembang. Menurut Wakil Ketua PHDI Sumsel Made Suarsana, pemerintah adalah guru bagi umat Hindu.

Hal ini diungkapkannya ketika pengurus Parisada Hindu Dharma Indonesia Provinsi Sumatera Selatan mengunjungi Wali Kota Palembang H Harnojoyo, Jumat (15/3/2019), di rumah dinas wali kota. Audiensi tersebut berkaitan dengan rangkaian kegiatan Perayaan Hari Raya Nyepi 2019.

"Umat Hindu di manapun berada pasti mendukung pemerintah. Sebab pemerintah adalah guru bagi umat Hindu. Kami ada rencana untuk melaksanakan kegiatan bersih - bersih," ujar Made. 

Pada kesempatan itu pengurus Parisada Hindu Dharma menyampaikan rencana pelaksanaan Dharma Santhi. Dijelaskannya, kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara ibadah Nyepi. 

"Kami Umat Hindu selalu menjaga silahturahmi dengan Pak Wali Kota. Hormat dan lempar senyum kepada Pak Wali Kota. Jangan sampai terjadi hal aneh-aneh. Itu baru mampu menjaga kerjasama dan toleransi kehidupan beragama,” kata dia.

Menanggapi hal ini, Wali Kota Palembang H Harnojoyo berharap seluruh umat beragama dapat mengamalkan seluruh ajaran agamanya dengan sebaik-baiknya. Dengan demikian kehidupan beragama dan berbangsa dapat terlaksana baik di Palembang. 

Pada kesempatan itu H Harnojoyo mengajak Pengurus Parisada Hindu Dharma dapat ikut melaksanakan program gotong-royong yang dilaksanakan pemerintah. Menurut Harnojoyo, menjaga kebersihan tidak optimal bila hanya dilakukan pemerintah. 

"Bentuk dukungan umat dapat dilakukan dengan bersama menjaga kebersihan Kota Palembang. Dengan kolaborasi yang baik antara pemerintah dan masyarakat, diharapkan program pemerintah dapat terlaksana dengan baik," ujarnya.

Reporter : Rachmad Kurniawan Editor : Zul Mulkan 209