Berita :: GLOBALPLANET.news

Para narasumber foto bersama. (Foto:Ist)

18 Maret 2019 17:51:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET.news - Korem 044/Gapo bersama Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Palembang melakukan diskusi publik untuk cegah Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah) di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Komandan Korem 044/Gapo, Kolonel Arh Sonny Septiono diwakili Kepala Seksi Operasi (Kasiops) Korem, Mayor Kav Delvi Marico mengatakan, posisi dan kemampuan mahasiswa dinilai sangat strategis sehingga perlu dilibatkan bahaya serta pencegahan Karhutla di wilayah Sumsel.

“Selama ini unsur mahasiswa dan organisasi kepemudaan, relatif belum terlibat banyak dalam mengatasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla),” ungkapnya usai diskusi di Hotel Swarna Dwipa Palembang.

Dijelaskannya, masalah Karhutla bukanlah hal yang sederhana, namun sangat rumit dan komplek dengan sejumlah tantangan yang berat. 

“Saya gembira jika mahasiswa punya kegelisahan terhadap ini, kegelisahan ini harus diwujudkan dalam tindakan konkrit. Kita siap bekerjasama,” terangnya.

Kegiatan bertema “Gambut Lestari, Landscape Tidak Membara, Sumsel Berjaya”, ini diikuti oleh puluhan perwakilan berbagai Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Organisasi Kemahasiswan lainnya di Palembang.

Selain Kasiops Korem 044/Gapo, hadir juga sebagai narasumber, Koordinator TRGD Sumsel Najib Asmani, ZSL Indonesia David Ardhian. 

Diakhir kegiatan juga dilakukan penandatanganan sikap mahasiswa mendukung penuh pelaksanaan restorasi gambut di Sumsel. 
 

Reporter : Globalplanet Editor : Karerek 153