Berita :: GLOBALPLANET.news

Wakil Bupati Muba Beni Hernedi saat membuka turnamen 3 on 3 Basketball di Sekayu, Rabu (20/3/2019). (Foto: Amarullah Diansyah)

20 Maret 2019 17:57:03 WIB

MUBA, GLOBALPLANET - Sebanyak 44 tim, mulai dari kalangan remaja hingga umum mengikuti 3 on 3 Basketball Tournament yang digelar di Sekayu, 20-21 Maret 2019.

Event yang digelar pertama kali di Bumi Serasan Sekate ini, bertujuan untuk kembali menggelorakan dan membangkitkan olahraga bola basket dan mencari pebasket-pebasket muda potensial, untuk selanjutnya dilakukan pembinaan.

"Ada 44 tim, terdiri dari 17 tim putra pelajar, 12 tim putri pelajar, dan 15 tim kategori umum. Satu tim terdiri dari 3 pemain, 1 cadangan, 1 pelatih. Selain dari Kabupaten Muba, ada juga tim dari Martapura OKU Timur dan Palembang," ujar Ketua Pelaksana 3 on 3 Basketball Tournament, Rudy Murod, Rabu (20/3/2019).

Latar belakang dipilihnya event 3 on 3 Basketball Tournament ini, kata Rudi, dikarenakan olahraga bola basket merupakan ikon Kabupaten Muba sejak dahulu. "Pada PON 2020, 3 on 3 basketball ini akan dimainkan. Saat ini Perbasi Sumsel juga sedang memonitor para atlet, ini moment bagi para pebasket unjuk kemampuan," jelas dia.

Selain menggelar 3 on 3 basketball, sambung Rudi, event kali ini sangat berbeda dari sebelumnya, karena dikemas lebih entertaining dan berkesan millenial. Sebab, akan ada berbagai performance dari sejumlah komunitas.

"Event ini sedikit berbeda dari sebelumnya, lebih entertaining. Ada performace dari komunitas-komunitas di Sekayu, silahkan tampil kita sediakan tempatnya, sudah ada yang mau stand up comedy, live akustik dan lainnya. Silahkan tunjukkan kemampuan dan kreativitas," beber dia.

Sementara, Plt Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Muba, Muhammad Fariz, melalui Kabid Olahraga ferry Afandi, mengatakan, pihaknya sangat mendukung event 3 on 3 Basketball Tournament.

"Kita bisa melihat sejauh mana perkembangan pebasket Muba. Dari event ini, jika ada atlet berprestasi akan kita tarik lalu dibina dalam PPLD Muba," kata dia.

Disinggung mengenai fasilitas, terutama dalam olahraga bola basket, Ferry mengatakan, pihaknya terus berusaha melakukan perbaikan dan penambahan fasilitas olahraga. "Ini harus secara berkelanjutan, kita lihat antusias sangat tinggi jadi kita usahakan masuk kalender tahunan. Karena kita ingin mengembalikan semangat dan kejayaan basket di Muba lagi," tandas dia.

Reporter : Amarullah Diansyah Editor : M.Rohali 185