Berita :: GLOBALPLANET.news

Dermaga Sungai Baung. (Foto: Ist)

21 Maret 2019 15:09:00 WIB

OKI, GLOBALPLANET - Mulai tahun ini pembuatan surat izin operasional kapal jukung yang ada di dermaga Sungai Baung dan Sungai Lumpur akan dikelola Dinas Perhubungan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Ini menjadi salah satu upaya menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Sekretaris Dinas Perhubungan OKI, Antonio Engga mengatakan,kalau selama ini zero karena semua pengurusan izinnya kembali ke Palembang. Padahal mereka melakukan usahanya di wilayah OKI bahkan kapal yang di produksi juga berasal dari OKI. "Kalau dihitung dalam setahun bisa mencapai lebih kurang Rp100 juta," terangnya, kemarin (21/3/2019).

Nanti timnya siap turun ke lapangan menyiapkan perlengkapan, agar mereka dapat mudah membuat surat izin operasional untuk kapal jukung dengan kapasitas mesin dibawah 7 GT. Sementara untuk kapasitas mesin 7 GT keatas tetap kembali ke provinsi.

Disinggung soal target PAD yang bisa digenjot dari sektor transportasi sungai dan laut tidak ada. Karena ini baru dilakukan jadi berapapun yang masuk akan disetor ke kas daerah." Di dua lokasi ini banyak sekali kapal jukung yang operasional setiap harinya keluar masuk OKI," imbuhnya.

Sebenarnya sambung Anton, sayang sekali kalau ini tidak bisa dilakukan karena mereka beroperasi di OKI tapi membuat izinnya ke Palembang. Inilah permintaan Bupati OKI bagaimana potensi ini dapat digali.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan OKI, Syaiful Bahri menambahkan, dalam waktu dekat akan segera melakukan sosialisasi dengan pemilik jukung yang ada disana. Jika tidak mau mengurus izin terpaksa tidak bisa operasional.

Reporter : Eko Saputra Editor : M.Rohali 1011