Berita :: GLOBALPLANET.news

Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi S.Sos, MSi saat bersama unsur Muspida. (Foto: Dadang Dinata)

24 Maret 2019 18:29:00 WIB

OKUT, GLOBALPLANET - Potensi perikanan di Kabupaten OKU Timur yang sempat berjaya, saat ini kembali digiatkan oleh Pemkab OKU Timur. Sebagai daerah yang dilalui sungai Komering dan sungai-sungai lainnya, OKU Timur sangat berpotensi untuk melakukan pengembangan budidaya perikanan. Selain menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Perikanan Rakyat, Pemkab OKU Timur dengan dibantu Pemprov Sumsel juga siap membantu peternak ikan untuk mengembangkan usaha perikanan.

Kadisnakan OKU Timur Ir H Kanjeng Tubagus Sunarseno saat menyerahkan KUR

Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos MSi, pada penyaluran KUR Perikanan Rakyat dan video conference bersama Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, pemerintah bersama pihak perbankan yang menyalurkan KUR Perikanan Rakyat sangat berperan dalam mengembalikan kejayaan perikanan di OKU Timur.

Kadisnakan OKU Timur Ir H Kanjeng Tubagus Sunarseno Foto dengan pihak Bank

“Selain ikan patin yang sekarang menjadi primadona di OKU Timur karena ada perusahaan di Lampung yang siap menampung hasil panen, ikan lain seperti gurame, lele, mujaer, mas juga diminati masyarakat. Untuk ikan patin, dengan kolam ukuran 40 x 10 meter mampu menghasilkan panen 60 sampai 70 ton per bulan dengan bobot ikan 7 ons. Ikan patin ini dibawa ke Lampung untuk dibuat Fillet. Bahkan tahun ini ditargetkan mampu panen patin hingga 100 ton per bulan,” ujar Kholid.

Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi S.Sos, MSi saat teleconfrence dengan Menko Perekonomian

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan OKU Timur, Ir H Tubagus Sunarseno MSi menambahkan, KUR Perikanan yang disalurkan pada tahun 2019 ini untuk Kabupaten OKU Tinur, OKU Selatan dan OKU sebesat Rp 3,92 miliar untuk 112 debitur. “Selain KUR kita dari Pemkab OKU Timur akan membantu bibit ikan bagi peternak yang akan mengambangkan usaha perikanan,” ungkap Tubagus.

Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi S.Sos, MSi saat menyampaikan sambutan

Adapun video conference yang dilakukan di Gedung Graha Tani Martapura tersebut, dilakukan secara live dari enak Kabupaten dan Kota se Indonesia diantaranya Demak yang dihadiri Menko Perekonomian, OKU Timur yang dihadiri Asisten Deputi Bidang Ekonomi Makro dan Keuangan, Ir Joko Waluyo, Kolaka, Cirebon, Mataram dan Lamongan. (ADV)

Reporter : Dadang Dinata Editor : M.Rohali 486