Berita :: GLOBALPLANET.news

Suasana pelipatan surat suara di GOR Biduk Kajang Kayuagung. (Foto: Eko Saputra)

28 Maret 2019 17:22:38 WIB

OKI, GLOBALPLANET - Ribuan Surat Suara pemilu 2019 di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yang rusak akan dilaporkan ke KPU RI. Hal ini setelah ditemukan kerusakan dan ketidak layakan pemakaian surat suara berdasarkan hasil penyortiran dan pelipatan surat suara beberapa waktu lalu.

"Kalau total kami belum bisa mengungkap jumlah pastinya, karena belum ditandatangani. Tapi rata-rata dalam setiap jenis surat suara ini yang rusak ada ribuan," kata Kasubag Keuangan, Umum dan Logistik KPU OKI, Syamsiah ditemui di KPU OKI, Kamis (28/03/2019).

Untuk kerusakan ini, lanjut Syamsiah, ada beberapa jenis kerusakan seperti surat suara yang kotor karena tetesan tinta, warna tidak sesuai, robek serta terpotong. "Ini nanti bakal diganti, suratnya sudah kita siapkan tinggal ditandatangani dan dikirim. Ini selambatnya dikirim tangggal 1, karena jika lewat tidak bisa lagi diganti," ungkapnya.

Terkait penggantian surat suara ini, lanjut Syamsiah, biasanya prosesnya lebih cepat dari proses pencetakan awal. Untuk itu, pihaknya yakin proses ini akan selesai sebelum mulai distribusi logistik pemilu ke PPK-PPK yang ada.

Selain itu, pihak KPU kini juga tengah menunggu kedatangan logistik lainnya seperti kotak dan bilik suara yang masih kurang. Untuk kotak suara yang kurang diketahui berjumlah 538 buah sedangkan bilik suara berjumlah 88 buah.

"Untuk pelipatan ulang mungkin nanti kita (KPU) yang akan melipat karena tidak terlalu banyak. Sedangkan untuk logistik kata mereka (KPU RI) sudah dikirim jadi tinggal menunggu," jelasnya.

Sementara untuk surat suara yang kurang menurut Syamsiah belum dipastikan sistem pemusnahannya seperti apa. "Itu pasti dimusnahkan, tinggal menunggu petunjuk apakah kita yang memusnahkan atau kita kirim ke pusat dan mereka yang memusnahkan," tandasnya.

Reporter : Eko Saputra Editor : M.Rohali 321