Berita :: GLOBALPLANET.news

Ratusan warga bergembira seusai mendapatkan tabungan emas setelah memungut sampah di Pelataran BKB Palembang, Sabtu (6/3/2019). (Rachmad Kurniawan)

06 April 2019 10:50:31 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Meningkatkan kesadaran masyarakat akan manfaat sampah dalam meningkatkan nilai ekonomi, PT Pegadaian (persero) menggelar kegiatan bersih-bersih dengan tema Gold for Work.

Kegiatan tersebut merupakan program padat karya pemerintah yang berkolaborasi dengan program sosial Pegadaian. Kegiatan tersebut diadakan secara serentak di 12 lokasi yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Di Palembang sendiri sebanyak 700 peserta mengikuti kegiatan bersih-bersih sampah di lingkungan BKB dan sekitarnya.

Menurut Eka Pebriansyah selaku Pemimpin wilayah III PT Pegadaian Palembang menjelaskan, peserta yang terlibat dalam kegiatan Gold for Work ini, mendapatkan imbalan berupa tabungan emas, Sabtu (6/4/2019).

"Kita memberdayakan masyarakat supaya membersihkan lingkungannya, 700 peserta kita sebar di 4 titik dan mereka mulai mengumpulkan sampah selama 2 jam sejak 05:30 WIB. Setelah terkumpul kita tukarkan dengan tabungan emas. Sampah yang bernilai Rp6 ribu sudah cukup untuk membuka rekening tabungan emas," bebernya.

Alasan memilih tabungan emas yang  diberikan, Eka mengatakan karena emas adalah barang yang tahan terhadap inflasi jadi kapan pun bisa dimanfaatkan oleh masyarakat membantu perekonomiannya.

"Kedepan tabungan emas ini bisa mereka isi sendiri, ada 2 yang ingin kita capai bagaiamana kita berperan terhadap kegiatan sosial tapi juga perekonomian masyarakat," sambungnya.

Ia menambahkan, kesuksessan program tabungan mengubah sampah menjadi emas dari PT Pegadaian ini sudah mencapai 50 persen untuk wilayah Palembang.

Gubernur Sumsel H Herman Deru yang turut hadir, mengapresiasi atas apa yang digencarkan oleh PT Pegadaian, ia menilai PT Pegadaian berhasil menggugah semua orang untuk cinta kebersihan.

"Bukan hanya melayani UMKM dalam aspek ekonomi taou juga melayanai masyarakat dalam aspek kebersihan," singkatnya.

Diinformasikan, kegiatan Gold for Work dilaksanakan secara serentak di 12 kota yaitu Medan, Pekanbaru, Palembang, Jakarta 1 Kemayoran, Jakarta 2 Tangerang, Bandung, Semarang, Surabaya, Balikpapan, Manado, Makassar, dan Denpasar. Dan diikuti 8000 peserta secara serentak.

Acara tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan perayaan HUT Pegadaian dan HUT Kementerian BUMN.

Reporter : Rachmad Kurniawan Editor : Zul Mulkan 234