Berita :: GLOBALPLANET.news

Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara saat press rilis penangkapan bandar narkoba yang ditembak mati. (Foto: Rio Siregar)

06 April 2019 14:28:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Bandar narkoba di Banyuasin, Sumatera Selatan, Asis (29) ditembak mati tim Subdit I Ditres Narkoba Polda Sumsel. Dari sang bandar, polisi mengamankan 3,15 Kg sabu berikut sepucuk senjata api rakitan.

"Pagi tadi sekitar Pukul 04.00 WIB kami menangkap seorang bandar sabu. Sang bandar ini sudah lama mengedarkan di Sumatera Selatan," ujar Kapolda Sumsel, Irjen Zulkarnain saat rikis di rumah sakit Bhayangkara, Sabtu (6/4/2019).

Bandar asal Babat Supat, Banyuasi ini terpaksa ditembak karena melawan dan menembak polisi saat penangkapan. 

"Pelaku melawan saat mau ditangkap. Dia menembak petugas pakai senjata api rakitan jenis airgun dan kami lihat sudah dimodifikasi pakai peluru tajam kaliber 38 mm," imbuh Zulkarnain.

"Barang bukti yang diamankan ada 3 Kg sabu tepatnya 3,15 Kg, sepucuk senjata api rakitan, mobil dan handphone. Untuk pelaku ini ada jaringan lain yang sedang kami kembangkan," kata Zulkarnain.

Asis, kata Zulkarnain, ditangkap di Alang-Alang Lebar ke arah jalan Talang Kelapa. Saat itu pria kelahiran Sulawesi tersebut akan mengantar sabu kepada polisi yang membeli. 

"Ini undercover, jadi karena sudah lama kami target dan ternyata benar mereka jaringan. Saya sudah katakan ke semua anggota, kalau bandar main-main terus membahayakan sikat saja, tembaklah," kata Zulkarnain tegas.

Sang bandar, saat ini sudah dibawa ke RS Bhayangkara Palembang. Dia tewas setelah ditembak di bagian dada kiri.

Reporter : Rio Siregar Editor : M.Rohali 2026