Berita :: GLOBALPLANET.news

Katie Bouman. (Foto:Ist)

12 April 2019 07:41:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET.news - Dibalik penemuan Black Hole yang dilakukan oleh NASA ternyata ada peran seorang ilmuan cantik bernama Katie Bouman.

Berkat penelitan dan kerja keras para ilmuan di NASA selama bertahun-tahun ini membuat seluruh dunia akhirnya bisa melihat dengan nyata seperti apa penampakan Black Hole alias Lubang Hitam di galaksi ini. 

Katie sendiri memiliki keahlian di bidang astro-fisika melainkan ilmu komputer. Dengan kemampuannya ini, wanita cantik ini menghabiskan bertahun-tahun mengembangkan berbagai metode untuk mendapatkan citra Blck Hole.

Kerja keras yang dilakukannya akhirnya menemukan titik cerah pada bulan Juni 2018. Tim Katie akhirnya menguji apakah kode yang mereka rancang bisa mengabadikan penampakan Black Hole.

"Kami melihat gambar itu muncul di layar kami. Cincin itu muncul dengan mudah, itu amat tak bisa dipercaya," ujar Katie seperti dikutip dari Kapanlagi.com, Jumat (12/4/2019).

Perjuangan lebih dari 200 ilmuan itu menghadirkan foto Black Hole yang menjadi pusat galaksi Messier 87 (M87). Pengumuman ini membawa rasa bahagia di diri Katie.

"Amat sulit menjaga mulutku tetap tertutup. Aku bahkan tidak memberi tahu keluarga ku tentang foto ini," terang Katie. 

Reporter : Globalplanet Editor : Karerek 122