Berita :: GLOBALPLANET.news

Sekretaris Daerah Kota Palembang Ratu Dewa bersama personel Pol PP Kota Palembang, Jumat (12/4/2019). (Foto: Ist)

12 April 2019 13:43:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Memastikan keamanan yang kondusif dalam penyelenggaraan Pemilu Legislatif dan Presiden, ratusan personel Satuan Polisi Pamong Praja Kota Palembang menggelar apel siaga jelang pesta demokrasi yang tinggal menghitung hari.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Alex Fernandus mengungkapkan, personel yang diturunkan dalam pengamanan Pilleg dan Pilpres ini berjumlah 180 yang akan tersebar di 18 kecamatan.

"Dari binaan kita akan menurunkan Personel dari Linmas sebagai tambahan pengaman, tentunya nanti ada kerja sama dari TNI dan Polri. Untuk pengamanannya sendiri kita mulai dari H-1 sebelum hari pencobosan sampai saat penghitungan suara nanti diperkirakan 1 minggu sampai semua terselesaikan," ungkap Alex usai Apel yang dipimpin Sekda Palembang di kantor Pol PP Kota Palembang, berlokasi di Kecamatan Ilir Timur III, Jumat (12/4/2019).

Usai habisnya masa kampanye, kata Alex, semua baliho dan media yang terpasang di pinggir jalan akan ditertibkan dan bekerja sama dengan KPU dan Penwascam.

"Kami juga mengajak kepada para Caleg untuk bekerja sama dalam pelepasan media kampanye mereka. Karena kita lihat mereka memasang dan wajib juga mereka lepaskan," katanya.

Sementara kesiapan dan kelancaran pengaman tersebut juga diungkapkan Sekertaris Daerah kota Palembang (Sekda), Ratu Dewa ketika bertindak sebagai pembina apel di kantor Sat Pol PP. Menurutnya anggota Pol PP harus menciptakan sikap yang netral dalam penyelenggaraan pesta demokrasi ini sehingga menyukseskan semua dengan baik dan aman.

"Saya yakin Pol PP kota kita bisa menjalankan tugas ini baik dimana kemampuan Pol PP dalam pengamanan ini sudah menguasai dalam menjalankan tugasnya. Sesuai dengan era digitalisasi, tentunya Pol PP bisa menyesuaikan dengan era tersebut sehingga semua pekerjaan bisa dilakukan dengan cepat," ujar Dewa.

Ia menambahkan jika kondisi kantor Pol PP saat ini masih membutuhkan perhatian, dimana tempatnya kurang masih belum layak sebagai perkantoran yang baik. Maka dari Pemkot Palembang akan segerah melakukan rapat guna mencari lokasi untuk pembangunan kantor tersebut.

"Ini tentunya akan menjadi skala prioritas untuk ditindak lanjuti, kita bisa lihat berbagai alat penyitaan yang ada disini tempatnya masih belum tepat. Maka dari itu saya akan usahakan semaksimal mungkin untuk membenahi ini agar lebih baik," tutupnya.

Reporter : Rachmad Kurniawan Editor : Zul Mulkan 172