Berita :: GLOBALPLANET.news

Tim gabungan melakukan penertiban atau pembersihan segala atribut Alat Peraga Kampanye (APK) di sudut Kota Palembang, Minggu (14/4/2019) malam. (Foto: Rachmad Kurniawan)

15 April 2019 06:50:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Memasuki masa tenang sebelum proses Pemilihan Umum (Pemilu) pada 17 April 2019 mendatang, tim gabungan melakukan penertiban atau pembersihan segala atribut Alat Peraga Kampanye (APK) di sudut Kota Palembang, Minggu (14/4/2019) malam.

Tim gabungan ini, terdiri dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kota Palembang dibantu Satuan Polisi Pamong Praja, Dishub, dan Gabungan TNI Polresta yang melakukan penertiban atau pembersihan segala atribut Alat Peraga Kampanye (APK). Termasuk pencabutan APK di Kota Palembang juga berlangsung di 18 Kecamatan dan 107 Kelurahan. 

Apel berlamgsing di Halan kantor Camat Ilir Timur I, yang dipimpin langsung oleh Asistem I Bidang Pemerintahan Kota Palembang Sulaiman Amin, Didampingi Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kota Palembang, Muhammad Taufiq, kemudian Kabid Ops Sat Pol PP kota Palembang Sri Hendra.

Ketua Panwaslu Palembang Muhammad Taufiq mengatakan, penertiban terbagi di 5 zona, yakni di 3 zona dikawasan Kecamatan Seberang Ilir dan 2 zona di Kecamatan Seberang Ulu.

"Penertiban sebetulnya sudah dilakuakn rekan-rekan kami di Panwascam sejak pagi, malam ini hanya apelnya saja. Jadi selama 3 hari ini sampai H-1 kami pastikan semua APK sudah ditertibkan. Selanjutnya APK ini akan diamankan si markas Sat Pol PP," ungkap Taufiq kepada awak media usai Apel.

Taufiq melanjutkan, penertiban ini memiliki kesinambungan hingga H-1 mulai dari tingkat Kelurahan hingga di jalan protokol. Penertiban ini melibatkan setidaknya 300 personel gabungan yang akan bergerak hingga pukul 00:00 malam dan dilanjutkan pagi esok sesuai zona masing-masing.

"Hari ini semua APK wajib dilepas tidak ada lagi yang terpasang karena kita sudah masuk masa tenang. Pengawasan juga  tetap kami lakukam hingga ke tingkat kelurahan, yaitu memantau kegiatan money politik. Jika ditemukan silakan dilaporkan ke kami atau petugas kecamatan," tuturnya.

Ditempat yang sama Kabid Operasional Satuan Polisi Pamong Praja kota Palembang, Sri Hendra menegaskan APK yang sudah diamankan di markas Sat Pol PP tidak bisa diambil lagi oleh pihak yang bersangkutan karena sebelumnya sudah diberikan himbauan untuk melepas sendiri atribut kampanye-nya.

"Setelah ini kita amankan dulu, sebelumnya Timses dan Caleg sudah dihimbau sama Panwaslu untuk melepas atributnya. Tapi belum juga, maka tidak akan kami keluarkan lagi sesuai dengan aturan yang ada," tegasnya.

Sementara Asisten I bidang Pemerintahan kota Palembang Sulaiman Amin menambahkan, penertiban malam ini fokus kepada skala besar karena skala kecil sudah dilakukan oleh petugas Panwascam dan petugas Kelurahan.

"Baik yang tergantung dipohon hingga yang besar menggantung dilepas, nah malam ini kita fokus pada APK yang ada di Protokol alat berat satu unit Crane sudah disiapkan," pungkasnya

Reporter : Rachmad Kurniawan Editor : M.Rohali 125