Berita :: GLOBALPLANET.news

Gubernur Sumsel Herman Deru dan Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara salam komando, mengisyaratkan kekompakan menjaga Pemilu aman di Sumsel. (Foto: Ist)

15 April 2019 07:20:37 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Gubernur Sumsel Herman Deru menghadiri apel pergeseran pasukan pengamanan TPS Pemilu 2019, yang digelar jajaran Polda, dikhususkan bagi pasukan yang bertugas mengamankan TPS saat pemilu 17 April.

Apel pasukan dipusatkan di Halaman Markas Polda Sumsel, dipimpin Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, Minggu (14/4). Gubernur Sumsel Herman Deru optimis penyelenggaraan pesta demokrasi rakyat Indonesia yang tinggal menghitung jam akan berjalan sukses. Untuk di Provinsi Sumsel saja, yang wilayahnya di perairan dan medannya sulit di tempuh ternyata logistik sudah sampai ditujuan dan sumber daya manusiannya juga sudah siap. 

"Kita mempertahankan wilayah ini sebagai wilayah yang zero konflik, Saya lihat kesiapan TNI dan Polri dan kesiapan penyelenggara sudah siap. Kemarin secara komprehensif kita juga sudah cek ini di salah satu titik di perairan dan yang medannya sulit kita sudah tinjau ternyata logistik sampai di sana dengan baik, TPS sudah siap, SDM-nya juga sudah siap artinya KPU dan Bawaslu juga sudah sangat siap maka tinggal menunggu pelaksanaannya,” ungkapnya.

Ia berharap tingkat partisipasi masyarakat akan tinggi, karena masyarakat yang punya hak suara juga percaya diri untuk datang ke TPS. “Pemilu ini langsung umum, bebas dan rahasia. Karena hak suara mereka harus terkanal melalui proses demokrasi ini,” katanya.

Sementara untuk masyarakat yang terkendala terkait KTP yang bermasalah atau belum mempunyai KTP atau tidak mendapat surat undangan, Herman Deru menuturkan masyarakat, bisa memakai surat keterangan (suket) yang menjadi salah satu opsi bisa dipakai pemilih untuk menggunakan hak pilihnya.

“Misalnya belum ada undangan, tapi dia punya KTP atau misalnya juga tidak ada KTP tapi dia ada suket, itu ada aturanya semua.  Saya yakin polisi sudah dibekali dengan aturan-aturan untuk membantu  petugas TPS,” pungkasnya.

​​​​​​

Reporter : globalplanet Editor : Zul Mulkan 176