Berita :: GLOBALPLANET.news

Kotak suara rusak ditemukan di Dapil III Kabupaten Banyuasin, Sumsel. (Foto: Amarullah Diansyah)

15 April 2019 13:51:00 WIB

MUBA, GLOBALPLANET - Pendistribusian logistik Pemilu dari KPU Muba ke PPK telah berakhir. Dalam proses pergeseran itu, ditemukan enam kotak suara yang mengalami kerusakan, baik rusak karena air maupun tertumpuk.

"Ya, kita mendapat laporan dari petugas, ditemukan kotak suara yang rusak akibat terkena air. Itu mungkin teknis dari mobil pengangkut logistik," ujar Ketua KPU Muba, Maryadi Mustofa, Senin (15/4/2019).

Adapun kotak suara yang rusak yakni ditemukan di Dapil III, satu kotak suara rusak di Kecamatan Lalan, dua kotak suara rusak di Kecamatan Tungkal Jaya, dan tiga kotak suara rusak di Kecamatan Bayung Lencir. "Semuanya yang rusak itu kotak suara di Dapil III," kata dia.

Kendati begitu, sambung Maryadi, proses pendistribusian logistik pada umumnya dinilai baik dan lancar tanpa ada halangan yang berarti. Bahkan, kata Maryadi lagi, logistik saat ini sudah bergeser dari PPK ke PPS.

"Untuk kotak suara yang rusak sudah kita antisipasi, kita sudah melakukan pleno sesuai petunjuk dari KPU RI, Kita akan menggantikan kotak surat suara tersebut dengan kotak surat suara yang berbahan almunium. Untuk pengantinaya sudah kita siapkan," jelas dia.

Sementara, Komisioner Bawaslu Muba Divisi Pengawasan Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga Husni Mubarok, membenarkan adanya beberapa kotak surat suara yang rusak pada saat pergeseran logistik dari gudang KPU Muba ke tingkat PPK kecamatan.

"Ya, benar kami sudah menerima laporan adanya kerusakan kotak surat suara, untuk jumlah nya sendiri banyak. Namun dari laporan ini kami menyerahkan semunya kepada pihak KPU Muba," tandas dia.

Reporter : Amarullah Diansyah Editor : Zul Mulkan 145