Berita :: GLOBALPLANET.news

(Foto: Ist)

18 April 2019 08:17:42 WIB

BONTAN, GLOBALPLANET - Suhu politik yang sedikit menghangat seakan menjadi lebih adem dengan terlaksananya pencoblosan. Keberagaman dalam persatuan tercermin kuat di TPS - TPS.

Ada beragam kreativitas ide yang ditampilkan Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS). Salah satunya di Kota Bontang Kalimantan Timur. Di kota berjuluk “Kota Taman” itu dalam pesta demokrasi Pemilu 2019 serentak, 17 April 2019, terdapat TPS unik yang nencerminkan kebhinekaan.

Seperti halnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 19 “Belimbing” di RT 30 dan RT 31, Kelurahan Belimbing, Kecamatan Bontang Barat. Di lokasi penyoblosan itu KPPS menghadirkan nuansa adat istiadat kebudayaan Bali, hal itu terlihat dari pakaian daerah yang dikenakan KPPS laki-laki memakai udeng atau destra ikat kepala, kain songket dan saput. 

“Idenya karena unik dan budaya Bali itu sudah terkenal di dunia. Dan merupakan suatu kebanggaan buat kita orang Indonesia,” ungkap Winarno anggota KPPS saat dikonfirmasi korespondensi Taufiq, Rabu (17/4/2019).

Ia jelaskan, rencana strategis pembuatan TPS 19 bernuansa Bali bertujuan agar dapat menarik minat warga menyalurkan hak pilihnya. Berbagai pihak pun menyatakan apresiasi karena mengganggap unik serta tampil beda.

Hasil tingkat partisipasi pemilih pun terbukti cukup signifikan. Sukadiyono sebutkan, berdasarkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 201 orang, sebanyak 179 orang datang untuk menyoblos.

“Suara pemilih laki-laki 91orang dan suara pemilih perempuan 88 orang,” ungkapnya. Menurut Sukadiyono sisa warga yang tak menyalurkan hak pilihnya karena banyak pemilih yang masih kuliah di luar kota dan ada juga yg meninggal setelah masuk daftar DPT. "Dan banyak juga yang ber-KTP dari luar tapi dan berdomisili di lingkungan sini,” tutupnya.

Reporter : A Taufiq Akhbar Editor : Zul Mulkan 414