Berita :: GLOBALPLANET.news

Kapolres OKU Timur AKBP Erlin Tangjaya SH, SIK, didampingi Kabag Ops Kompol CS Panjaitan dan Ketua KPU OKU Timur Herman Jaya meninjau pelaksanaan Situng, Jumat (19/4/2019). (Foto: Dadang Dinata)

19 April 2019 16:57:00 WIB

OKUT, GLOBALPLANET - Dua hari pasca-pencoblosan, seluruh logistik pemilu di OKI Timur sudah masuk ke PPK dan sedang berlangsung input data di tingkat PPK. Karena masih dalam proses input sehingga hasil perolehan suara belum bisa diketahui secara pasti.

Ketua KPU OKU Timur Herman Jaya didampingi Kasubag Teknis Penyelenggara Irto Sunardi Jumat (19/04/2019) mengatakan, petugas di KPU OKU Timur saat ini sedang menginput data melalui Sistim Informasi Penghitungan (Situng)  C1 dari setiapTPS.

Data C1 dari setiap TPS  dientri data kemudian dipindai, selanjutnya langsung dikirim ke KPU RI. "Kendala setiap lembar dinecis dan dari setiap TPS tidak teragregad masih berantakan, sehingga harus dirapikan sehingga  membutuhkan waktu yang cukup lama  karena harus disusun ulang untuk disecand," katanya.

Selain itu, sinyal juga masih menjadi masalah terutama saat akan masuk ke server KPU RI. Butuh waktu cukup lama karena harus antre. Mengingat saat ini seluruh Indonesia sedang melakukan kegiatan yang sama. "Memang sekarang belum seluruh kecamatan yang masuk terutama kecamatan jaraknya yang jauh," ungkapnya. 

Setelah berada di PPK, logistik disimpan di gudang PPK. Tingkat PPK rekap dari 18 April hingga 4 Mei 2019. Sedangkan untuk rekapitulasi dari PPK ke KPU 20 April hingga 7 Mei. "Kemudian dilanjutkan rekapitulasi  ke provinsi sesuai jadwal dari  22 April hingga 12 Mei dan ke KPU  RI dari  25 April hingga 25 Mei 2019," katanya.

​​​​​

Reporter : Dadang Dinata Editor : Zul Mulkan 591