Berita :: GLOBALPLANET.news

Petugas gabungan saat menertibkan parkir liar. (Foto: Hendrik)

23 April 2019 18:13:03 WIB

MEDAN, GLOBALPLANET.news - Tim gabungan Pemko Medan tertibkan  loket  bus  Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan  Antar Kota Dalam Provinsi  (AKDP) yang masih beroperasi di sepanjang Jalan Sisingamangaraja Medan, Senin (22/4/2019).  

Selain tidak memiliki izin,  keberadaan loket yang juga merangkap sebagai  pool bus itu sangat mengganggu kelancaran arus lalu lintas sehingga mengurangi ketenangan dan kenyamanan masyarakat pengguna jalan.         

Penertiban yang dilakukan mulai pukul 10.00 WIB itu dilkukan Tim gabungan yang terdiri dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan, Satpol PP, Denpom I/5, Pomal, Satlantas Polrestabes Medan dan  Sat Samapta Polrestabes. 

Kadishub Medan, Iswar Lubis didampingi Kasatlantas Polrestabes Medan AKBP Juliani Prihatini mengatakan, oprasi sendiri akan menekankan parkir berlapis, parkir di atas troatoar, pedagang kaki lima (PK5) serta penjual paket data yang menggunakan mobil. 

"Penertiban ini kita lakukan dalam upaya mengurai kemacetan, sebab keberadaan loket bus, parkir di atas trotoar, parkir berlapis, PK5  serta mobil penjual paket data menjadi pemicu kemacetan.  Untuk itu penertiban akan rutin kita lakukan guna memberikan efek jera,” kata Iswar.
                
Dijelaskannya, tim pertama melakukan penertiban di Jalan Sisingamangaraja mulai mulai depan Masjid Raya Al Mashun sampai persimpangan Jalan Tritura.  Sedangkan tim kedua, melakukan penertiban di sepanjang Jalan Dr Mansyur.

Bagi masyrakat yng melanggar, dilakukan penggembosan, menggembok ban mobil, membongkar tenda milik PK5 maupun penjual paket yang berjualan di badan jalan serta menertibkan mobil penjual paket data.

Iswar mengimbau, kepada para pengusaha bus agar tidak membuka loket yang dijadikan pool di sepanjang Jalan Sisingamangaraja. 

“Bagi pedagang, apabila kembali berjualan akan tindak tegas," tegasnya. 

Reporter : Hendrik Hutabarat Editor : Karerek 79