Berita :: GLOBALPLANET.news

Penutupan Pelatihan pemadaman dan pengendalian kebakaran hutan dan kebun yang digelar oleh GAPKI bersama Dinas Perkebunan Provinsi Sumsel, Jumat (26/4/2019). (Foto: Rachmad Kurniawan).

26 April 2019 19:07:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Pelatihan pemadaman dan pengendalian kebakaran hutan dan kebun yang digelar GAPKI bersama Dinas Perkebunan Provinsi Sumsel telah ditutup. 30 peserta telah mengikuti rangkaian kegiatan pelatihan tersebut selama tiga hari.

Kasi Lahan, Kebakaran, Gangguan Usaha, dan Konflik Perkebunan Dinas Perkebunan Provinsi Sumsel, Herlan Kagami begitu mengapresiasi peserta yang semangat mengikuti kegiatan hingga hari ketiga.

"Kami dari pihak penyelengaraa Gapki dan Disbun Sumsel, sangat apreaiasi terhadap peserta yang begitu semangat. Kami harap mereka bekal yang cukup sehingga dapat menularkan ilmu yang diterima ke anggotanya," ungkap Herlan ketika menutup pelatihan, Jumat (26/4/2019).

Pada hari ketiga peserta diberikan materi perundang-undangan terkait kebakaran, keselamatan kerja kerja di daerah operasi dari BPBD, pemetaan penggunaan GPS dari Dinas Kehutanan Sumsel, dan yang terakhir pengendalian gulma.

Herlan menjelaskan, kedepannya dari segi materi sebenarnya tidak akan jauh berbeda, hanya saja nanti pesertanya itu lebih banyak. Tergantung wilayah dari perusahaan tersebut misalnya perusahaan yang berlahan gambut. "Jika seperti itu, kita akan coba untuk menyampaikan materi gambut," sambungnya.

Pihaknya juga punya keinginan agar perusahaan mengkomunikasikan kepada Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) sekitar untuk diikutsertakan dalam pelatihan pengendalian kebakaran lahan.

Reporter : Rachmad Kurniawan Editor : Zul Mulkan 301