Berita :: GLOBALPLANET.news

Shella Salasania posisi Pemain dan Debby Puspita Rani sebagai Pelatih Timnas yang tengah mewakili Sumsel pada turnamen bola tangan. (Foto: Ist)

03 Mei 2019 10:58:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Dua wakil Sumsel membawa misi untuk mengharumkan nama Bumi Sriwijaya. Dalam turnamen Bola Tangan IHF Thropy 2019, Mereka yakni Shella Salasania posisi Pemain dan Debby Puspita Rani sebagai Pelatih Timnas. Yang akan mengharumkan nama Sumsel bersama Timnas Handball Yunior Indonesia.

Keduanya tampil di IHF (International Handball Federation) Thropy Yunior Zona South and East Asia 1 B di GOR POPKI Jakarta pada 1-5 mei 2019. Dari seluruh atlet yang memperkuat Timnas Handball, hanya satu pemain yang berasal dari Sumsel.

"Dengan adanya pemain dan pelatih yang menjalani debut di event resmi timnas, menjadi suatu hal yang membanggakan dan semoga dapat menginspirasi atlet-atlet handball lainnya di Sumatera Selatan, untuk terus berkembang dan berprestasi hingga level internasional," kata Wiratama Yudha, Ketua Umum Pengurus Provinsi ABTI Sumsel, Jumat (3/5/2019).

Dalam event ini, Indonesia akan bersaing dengan empat negara lainnya yakni Malaysia, Singapura,Thailand, dan Philipina. 

"Saat ini Indonesia sudah menang di 2 pertandingan yakni saat melawan Filipina dan Brunei Darussalam," sambungnya.

Sementara itu, pelatih kepala yang juga Bendahara ABTI Sumsel Wahyu Nopianto menuturkan, diawal seleksi sumsel mendapat panggilan 3 atlet, Shella Salsania asal lubuklinggau, Chelly Wahyu Amelia asal OKU dan Reffi Mariska asal Banyuasin. Namun yang berhasil lolos hanya satu

"Baik Shella dan Deby memang sangat layak untuk menjadi pemain dan pelatih timnas dan bersaing di level internasional. Shella yang merupakan siswi SMAN 1 Lubuklinggau merupakan kiper terbaik U17 yang dimiliki Sumsel saat ini, kiper andalan sumsel dikejurnas bandung 2018," tuturnya.

Begitu juga Debby, pemain andalan Sumsel dalam setiap kejurnas dan pernah menyicip Pelatnas Asian Games 2018, banyak pengalamannya sebagai atlet sehingga layak menjadi bagian dari tim pelatih Timnas Youth IHF Thropy 2019.

"Yang menariknya, Debby yang merupakan mahasiswi Penjaskes Universitas Sriwijaya juga pelatih handball Sumsel pertama yang membela Indonesia di event resmi handball," lanjutnya.

Hary Muhardi Syaflin Sekum ABTI Sumsel, menambahkan usaha ini tak lepas dari kinerja dan kekompakkan para pengurus cabang (pengcab) ABTI Kabupaten/Kota se-Sumsel.

"Semuanya tidak lepas dari hasil pembinaan, kerja bersama, dan kekompakan pengurus cabang (pengcab) ABTI Kabupaten/Kota se Sumatera Selatan. Support keluarga pengcab ABTI Sumsel memberikan hasil yang positif dan mengharumkan nama sumsel dikancah nasional maupun internasional" tutup Hary.

Reporter : Rachmad Kurniawan Editor : M.Rohali 487