Berita :: GLOBALPLANET.news

Petugas saat membersihkan sampah di kawasan OKU Timur. (Foto: Dadang Dinata)

09 Mei 2019 11:37:00 WIB

OKU TIMUR, GLOBALPLANET.news - Masuk bulan Ramadan jumlah sampah di Martapura, OKU Timur mengalami peningkatan hingga 15 persen dari hari biasanya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Kadin DLH) OKU Timur, Nur Subagio mengatakan, sejak memasuki bulan puasa ada kenaikan jumlah sampah jika dibandingkan hari-hari biasa. 

Dijelaskannya, salah satu penyebab naiknya volume sampah karena banyak penjual makanan dadakan yang berada di sejumlah jalan utama seperti di Jalan Merdeka Martapura.

“Banyak penjual dadakan seperti penjual kelapa muda alias dogan. Ada juga sebagian pedagang menjajakan makanan dan minuman untuk berbuka sehingga menyisahakan sampah,” jelasnya, Kamis (9/5/2019).

Selain kehadiran para pedagang dadakan tersebut, pihak pemerntah juga menilai, jika kenaika jumlah sampah ini juga dipicu peningkatan konsumsi makana pokok dalam rumah tangga pada bulan puasa. 

“Pedagang kita imbau untuk sama-sama menjaga kebersihan," katanya.

Dia menambahkan, pada hari-hari biasa volume sampah berkisar 40-41 ton, namun jumlah sampah ini bertambah saat bulan Ramadan hingga 15 persen.

“Jumlah petugas kebersihan di Martapura dan Belitang ada 300 orang lebih. Sementara itu, jumlah armada sampah untuk di Martapura tujuh unit, Buaymadang satu unit dan Belitang empat unit," ujarnya. 

Reporter : Dadang Dinata Editor : Karerek 366