Berita :: GLOBALPLANET.news

Kantor BPKAD Kota Palembang. (Foto: Rachmad Kurniawan)

10 Mei 2019 13:56:38 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Sekitar 15.000 pegawai termasuk honorer di lingkungan Pemkot Palembang juga akan mendapatkan kucuran THR. Tunjangan hari raya segera dibayar sekitar tanggal 22 hingga 24 Mei.

Untuk merealisasikan THR PNS dan Honorer ini, total anggaran yang disiapkan dan akan dikeluarkan yakni mencapai Rp57 miliar untuk sekitar 15.000 PNS dan dua ribu honorer.

"Sebelumnya kami sudah bersiap untuk menentukan tanggal dan memang awalnya antara tanggal 22 Mei dan 24 Mei THR pegawai diberikan. Namun karena baru saja ada perubahan pada PP Nomor 35 tahun 2019 yang mengatakan teknis pembayaran akan diatur dengan Perda. Sehingga akan kami terbitkan dulu perdanya karena berpegang pada aturan dari pusat," ujar Kabid Anggaran dan Perbendaharaan BPKAD kota Palembang Sumarno ketika dijumpai globalplanet.news di ruangannya, Jumat (10/5/2019).

Pembayaran THR kepada pegawai Pemerintah Kota Palembang baik ASN maupun honorer diatur dalam PP Nomor 35 Tahun 2019 pasal 10 tentang pemberian gaji, tunjangan, dan pensiun pegawai negeri sipil.

Dari informasi yang didapat, PP  nomor 35 tahun 2019 berbunyi, "Ketentuan lebih lanjut mengenai teknis pemberian gaji, pensiun, atau tunjangan ketiga belas yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah diatur dengan Peraturan Daerah".

Sumarno mengatakan besaran THR yang akan diterima para pegawai sama seperti aturan yang berlaku dari pusat.

"Tahun ini THR yang diberikan sebesar Rp 57 Milyar untuk 15 ribu PNS dan 2 ribu tenaga honorer di ruang lingkup pemerintah Kota Palembang," katanya.

Terkait adanya perubahan pada PP nomor 35, Sumarno menambahkan pemkot akan menyelesaikan terlebih dahulu Perda yang mengatur pemberian THR. Sehingga memungkinkan tidak adanya pengunduran waktu pemberian THR.

Reporter : Rachmad Kurniawan Editor : Zul Mulkan 460